Text
PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DI SMA AN-NUR AKKOR PALENGAAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Mohammad Alfan Salim, 2021, Penggunaan Video Tutorial Dalam Meningkatkan
Hasil Belajar PAI Di SMA An-Nur Akkor Palengaan Kabupaten Pamekasan.
Skripsi Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut
Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing : Ainul Yaqin, M.A.
Kata Kunci : Video Tutorial, Hasil Belajar PAI
Video tutorial adalah perpaduan tentang cara menjelaskan sesuatu, baik
berupa materi pembelajaran yang dikemas dalam bentuk media video yang
ditunjukan kepada siswa atau peserta didik. Video tutorial dapat dikatakan sebagai
metode pentransfer ilmu pengetahuan yang dikirimkan atau bisa dibentuk dalam
format gambar bergerak. Pengertian tersebut memperjelas bahwa video tutorial
akan membuat suatu penjelasan atau materi menjadi mudah.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga tahap yang menjadi kajian pokok
dalam peneliian ini, yaitu :pertama,; Mengapa menggunakan video tutorial dalam
meningkatkan hasil belajar PAI di SMA An-Nur Akkor Palengaan Pamekasan;
kedua, Bagaimana Penggunaan video tutorial dalam meningkatkan hasil belajar
PAI di SMA An-Nur Akkor Palengaan Pamekasan; ketiga, Apa saja kendala yang
dihadapi Penggunaan video tutorial dalam meningkatkan hasil belajar PAI di
SMA An-Nur Akkor Palengaan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Sumber data diproleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah SMA An-Nur Akkor
Palengaan Pamekasan, Guru PAI serta Siswa SMA An-Nur Akkor Palengaan
Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, riangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukan bahwa :pertama, menggunakan video
tutorial, siswa dapat mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru dan
mampu meningkatkan pengetahuan, pemahaman, motivasi, minat, gairah dan
semangat siswa dengan melihat hasil belajar siswa. Kedua, penggunaan video
totorial dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu guru terlebih dahulu
memberi stimulus mengenai materi yang akan disampaikan dan guru langsung
menampilkan materi menggunakan media video tutorial. Dengan begitu siswa
dapat memahami apa yang disampaikan oleh guru terbukti dengan ketika guru
melakukan test ulang. Siswa mampu menjawab sesuai isi video tutorial tersebut.
Selain itu ada juga yang mampu mengulang isi dari video tersebut. Ketiga,
kendala yang dihadapi dalam penggunaan video tutorial dalam meningkatkan
hasil belajar PAI adalah kendalanya di sarana LCD/proyektor yang kurang
memadai dalam proses belajar mengajar, dan volume suara saat penayangan
vedio.
Tidak tersedia versi lain