Text
IMPLEMENTASI ICE BREAKING PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SDN PADEMAWU BARAT I PADEMAWU PAMEKASAN
ABSTRAK
Suci Ayu Wandira, 2020, Implementasi Ice Breaking Pada Mata Pelajaran
Tematik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SDN Pademawu
Barat I Pademawu Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura
(IAIN), Dosen Pembimbing : Aflahah, M.Pd.
Kata Kunci : Implementasi Ice Breaking, Motivasi Belajar
Sering kali ditemukan kejenuhan dan kebosanan terjadi disetiap kegiatan
pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh semangat belajar anak yang tidak stabil,
kemauan dan motivasi belajar anak naik turun, siswa mengantuk, dan tidak fokus
pada materi. Sehingga membuat suasana belajar dikelas menjadi beku, dingin dan
tidak menyenangkan. Sebagai motivator bagi siswa, seorang guru berupaya
mengembalikan semangat siswa agar lebih termotivasi dalam belajar, salah
satunya dengan mengimplementasi ice breaking dalam pembelajaran.
Berdasarkan hal tersebut, terdapat tiga fokus dalam penelitian ini yaitu:
pertama bagaimana implementasi ice breaking pada mata pelajaran tematik dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI SDN Pademawu Barat I Pademawu
Pamekasan, kedua apa dampak dan faktor pendukung serta penghambat
implementasi ice breaking pada mata pelajaran tematik dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa kelas VI SDN Pademawu Barat I Pademawu Pamekasan,
dan ketiga bagaimana tindak lanjut guru dalam mengatasi faktor penghambat
dalam implementasi ice breaking pada mata pelajaran tematik dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI SDN Pademawu Barat I Pademawu
Pamekasan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini
diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informasi
diperoleh dari kepala sekolah SDN Pademawu Barat I, Guru kelas VI.A, dan
empat orang siswa kelas VI.A. Peneliti mengecek keabsahan data melalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : pertama, implementasi ice
breaking pada mata pelajaran tematik di kelas VI SDN Pademawu Barat I
dilakukan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada pra implementasi ice
breaking guru mempersiapkan beberapa jenis kegiatan ice breaking yang akan
diterapkan dalam pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru menerapkan
beberapa kegiatan ice breaking yaitu, tepuk semangat, mars PPK, tepuk dan salam
PPK, mini games (tunjukkan apa yang saya katakan), bercerita (Jika saya bilang
besar maka isyaratkan Kecil, Jika saya bilang kecil maka isyaratkan besar).
Setelah guru menerapkan kegiatan ice breaking, motivasi belajar siswa
meningkat, siswa lebih fokus, dan siswa antusias untuk belajar. Kedua, dampak
implementasi ice breaking yaitu siswa dapat lebih fokus, antusias dan mudah
dalam belajar, memudahkan guru dalam menyampaikan materi, dan suasana
belajar jadi lebih menyenangkan. Faktor pendukung implementasi ice breaking
adalah minat siswa, siswa meminta untuk diberikan ice breaking, guru yang
menyenangkan dan berpenampilan menarik, serta materi, metode, model dan
media pembelajaran yang digunakan guru. Sedangkan faktor penghambatnyaadalah karakteristik siswa yang berbeda, anak-anak sulit untuk memfokuskan
kembali ke pelajaran, dan referensi guru tentang ice breaking yang minim. Ketiga,
cara guru dalam mengatasi faktor penghambat ice breaking adalah guru harus bisa
mengelola dan mengatur waktu, harus lebih disiplin, mampu memberi
pemahaman kepada siswa bahwa ice breaking digunakan agar siswa lebih fokus
dan menyenangkan dalam pembelajaran. Guru lebih mendalami tentang ice
breaking, lebih banyak mencari referensi tentang ice breaking. Kepala sekolah
dapat memberi arahan pada siswa baik secara langsung maupun tidak, pembinaan
rutin pada guru melalui rapat internal, menyediakan sarana dan prasarana, dan
mengikutkan para guru dalam kegiatan sosialisai atau bimtek.
Tidak tersedia versi lain