Text
PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN PESERTA DIDIK MELALUI ORGANISASI INTRA SEKOLAH DI SMA ANNUQAYAH GULUK-GULUK SUMENEP MADURA
ABSTRAK
Moh Romzi, 2020, Pengembangan Kepemimpinan Peserta Didik Melalui
Organisasi Intra Sekolah di SMA Annuqayah, Skripsi, Prodi Manajemen
Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, pembimbing Ahmad Fawaid,
M.Pd.I
Kata kunci: Pengembangan, Kepemimpinan, Peserta Didik, OSIS
Memiliki pemimpin yang baik adalah impian bagi suatu kelompok
ataupun masyarakat. Kepemimpinan adalah suatu seni untuk mempengaruhi dan
mengendalikan suatu kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Akan tetapi
karakter pemimpin yang baik tidak serta merta dapat diperoleh dengan cumacuma. Oleh karena itu, pembetukan jiwa kepemimpinan yang baik haruslah
ditrmpa sedini mungkin. Karena banyak orang yang memimpin namun tidak bisa
menjadi pemimpin yang baik. Oleh karena itu, maka penting sekiranya untuk
menempa jiwa kepemimpinan pada pesrta didik dengan sedini mungkin agar
tercipta jiwa kepemimpinan yang kompeten dan bisa mengatur serta
mempengaruhi masyarakat.
Berdasarkan fenomena di atas, maka ada tiga pokok kajian dalam
penelitian ini yaitu: pertama bagaimana mengembangkan kepemipinan peserta
didik melalui OSIS di SMA Annuqayah; keduabagaimana pengaruh OSIS
terhadap pengembangan kepemimpinan di SMA Annuqayah; ketigafaktor apa saja
yang mempengaruhi pengambangan kepemimpinan peserta didik di SMA
Annuqayah.
Penelitain ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Data yang diperoleh dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Informan
adalah tenaga pendidk atau kependidikan dan peserta didik. Pengecekan
keabsahan data melalui analisis dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama pengembanngan
kepemimpinan peserta didik di SMA Annuqayah dimulai dari ruang kelas dengan
pembentukan pengurus kelas hingga pada wadah organisasi seperti OSIS dan
MPK;keduapengaruh OSIS bagi peserta didik ialah peserta didik dapat belajar
menjadi problem solver yang baik peserta didik juga akan menjadi pribadi yang
displin dan bertanggung jawab terhadap amanat yang telah diamanatkan
kepadanya;ketigaFaktor yang mempengaruhi pengembangan kepemimpinan
melalui organisasi intra sekolah dapat berupa faktor yang mendorong seperti
motivasi peserta didik, budaya dan sistem yang mendukung dan mendorong
pengembangan kepemimpinan di SMA Annuqayah. Salain faktor yang dapat
mendorng terdapat juga faktor yang menghambat seperti halnya budaya lain diluar
lembaga yang dapat mempengaruhi peserta didik dan wakru yang kadang
berbenturan dengan kegiatan inti di pesantren.
Tidak tersedia versi lain