Text
STUDI TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE KETELADANAN PERSPEKTIF AL-GHAZALI DI TK KUSUMA JAYA KADUR PAMEKASAN
ABSTRAK
Alif Diana Marriz, 2020, Studi Terhadap Minat Belajar Anak Dengan
Menggunakan Metode Keteladanan Perspektif Al-Ghazali di TK Kusuma Jaya
Kertagena Laok Kadur Pamekasan, Skripsi, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia
Dini, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. Siswanto, M.Pd.I
Kata Kunci : Metode Keteladanan perspektif Al-Ghazali, Minat Belajar
Pendidikan akhlak sangat berpengaruhi terhadap perkembangan dan
pertumbuhan anak. Dalam tumbuh kembangnya serta keikutsertaannya dalam
kegiatan belajar mengajar, seorang anak perlu mendapatkan didikan yang baik
terkait akhlak, dimana menurut Al-Ghazali didikan dilakukan dengan
menghilangkan akhlak yang buruk dan menanamkan akhlak yang baik, yang
diharapkan mampu membawa dampak positif terhadap minat mereka dalam
kegiatan belajar mengajar.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana cara meningkatkan minat
belajar anak dengan menggunakan metode keteladanan perspektif Al-Ghazali di
TK Kusuma Jaya Kadur Pamekasan; kedua, apa saja faktor yang mempengaruhi
minat belajar anak di TK Kusuma Jaya Kadur Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, serta
dokumentasi dipilih sebagai instrumen penelitian. Jenis wawancara yang
dilakukan adalah wawancara terstruktur, sementara observasi non partisipatif.
Informannya adalah guru dan wali murid.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa macam cara untuk
menumbuhkan minat belajar siswa dengan metode keteladan perspektif AlGhazali yaitu dengan pembiasaan hal-hal baik seperti membaca doa sebelum
makan, mencium tangan orang tua saat hendak berangkat sekolah dan pengenalan
tokoh-tokoh teladan dalam islam. Sementara itu, faktor-faktor yang
mempengaruhi minat belajar siswa diantaranya adalah motivasi, sekolah,
masyarakat, dan keluarga yang mana keluarga khususnya orang tua memiliki
pengaruh besar terhadap perkembangan minat belajar anak.
Tidak tersedia versi lain