Text
IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MASA NEW NORMAL DI MTS NURUL ISLAM KARANG CEMPAKA BLUTO SUMENEP
ABSTRAK
Maltufatul Mahfudzah, 2021, Implementasi Penilaian Autentik Di Kurikulum 2013 Dalam Proses Pembelajaran Pada Masa New Normal Di Mts Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN), Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M.Pd.I
Kata Kunci: Penilaian Autentik, Kurikulum 2013, Masa New Normal
Penilaian autentik ialah penilaian semua aspek baik aspek kognitif, afektif dan psikomotoriknya. Dan kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang menekankan pada pembelajran saintifik dan penilaian autentik dan tematik integratif. Sedangkan masa new normal berarti pola hidup baru dengan adanya perilaku untuk tetap menjalakan aktivitas dengan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID 19.
Sesuai dengan hal diatas, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana implementasi penilaian autentik di kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran pada masa new normal di Mts Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep. Kedua, apa saja kendala yang dihadapi dalam implementasi penilaian autentik di kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran pada masa new normal di Mts Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep. Ketiga, bagaimana upaya guru dalam mengatasi promblematika pada implementasi penilaian autentik di kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran pada masa new normal di Mts Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep..
Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (partisipan) dan dokumentasi, dengan informan kepala sekolah, waka kurikulum dan guru. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui triangulasi dengan dua macam triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, implementasi penilaian autentik di Mts Nurul Islam sudah terlaksana sebagaimana semestinya dan sesuai dengan kurikulum 2013. Di karenakan Mts Nurul Islam pada masanew normal tetap melakukan pembelajaran tatap muka. Kedua, kendala yang dialami dalam pengimplementasian penilian autentik pada masa new normal ada pada alokasi waktu yang biasanya proses pembelajaran 80 menit menjadi 30 menit, hal inilah yang menjadi penghambat penilaian autentik Ketiga, Untuk meminimalisir problematika dalam penilaian autentik pada masa new normal bisa disiasati dengan bermacam metode dan strategi seperti melakukan penilaian antar teman.
Tidak tersedia versi lain