Text
PENERAPAN LAYANAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK SINEKTIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS AL IHSAN I JADDUNG PRAGAAN SUMENEP
Arifah, 2020, Penerapan Layanan Klasikal Dengan Teknik Sinektik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar
Siswa Kelas VIII MTs. Al Ihsan I Jaddung Pragaan Sumenep, Skripsi, Program Studi Bimbingan Konseling
Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Pembimbing: H.
Muhammad Jamaluddin, M.Pd.
Kata Kunci: Layanan Klasikal, Teknik Sinektik, Motivasi Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kejadian di lapangan khususnya pada motivasi belajar siswa perlu
untuk mendapatkan perhatian khusus. Akan tetapi pada realitanya banyak sekali siswa yang memiliki
masalah dengan motivasi belajar tersebut, hal ini dapat ditemukan di lingkungan sekolah mereka,
sedangkan guru BK di sekolah tersebut kurang memperhatikan masalah yang dialami oleh siswa
berkaitan dengan motivasi belajar siswa. Salah satunya yakni siswa kelas VIII di MTs. Al Ihsan I yang
memiliki motivasi yang rendah. Maka dari itu di perlukan layanan bimbingan dan konseling dari peneliti
yang dibantu oleh guru BK. Layanan ini berupa layanan klasikal dengan teknik sinektik. Dengan teknik ini
siswa dilatih untuk bisa meningkatkan motivasi belajarnya agar dapat mencapai perubahan yang lebih
baik dalam mencapai tujuan belajarnya.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini
yakni: Pertama Seperti apa motivasi belajar siswa di kelas VIII MTs. Al Ihsan I Jaddung Pragaan Sumenep,
Kedua Bagaimana pelaksanaa penerapan layanan klasikal dengan teknik sinektik untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa kelas VIII MTs. Al Ihsan I Jaddung Pragaan Sumenep, ketiga apa saja faktor
pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan teknik sinektik dalam layanan klasikal untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII MTs, Al Ihsan I jaddung Pragaan Sumenep
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling. Metode pengumpulan data yang
digunakan oleh peneliti diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis
data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Lalu dalam proses pengecekan keabsahan
data hasil penelitian melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dalam proses pengamatan, dan
terakhir melalui triangulasi.
Tidak tersedia versi lain