Text
STRATEGI MARKETING PADA PRODUK TABUNGAN MUDHARABAH (TABAH) DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI KSPPS BMT NU CABANG LARANGAN
ABSTRAK
Achmad Minhaji, 2020,Strategi Marketing pada Produk Tabungan Mudharabah
dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di BMT NU Cabang Larangan
Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing : Shalehoddin, Lc., MM.
Kata Kunci: Strategi Marketing, Segmenting Targeting PositioningTabungan
Mudharabah
KSPPS BMT NU Cabang Larangan adalah koperasi yang bergerak dalam
bidang memberikan jasa simpanan (tabungan bagi para nasabah). Melalui
berbagai macam tabungan. Salah satunya yakni tabungan mudharabah. Menjadi
tabungan yang paling banyak peminat dan yang sangat digemari, dikarenakan
KSPPS BMT NU Cabang Larangan memiliki pemasaran yang sangat bagus
sekali. Selain itu KSPPS BMT NU Cabang Larangan terus menerus melakukan
strategi pemasaran yang sangat baik sekali agar dapat mempertahankan dan
bahkan menambah jumlah nasabah tabungan mudharabah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pertama, strategi STP
(Segmenting, Targeting, dan Positioning) marketing yang digunakan untuk
meningkatkan jumlah nasabah pada produk tabungan mudharabah (TABAH) di
KSPPS BMT NU Cabang Larangan. Kedua, efektivitas strategi STP (Segmenting,
Targeting, dan Positioning) marketing yang digunakan untuk meningkatkan
jumlah nasabah pada produk tabungan mudharabah di KSPPS BMT NU Cabang
larangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data menggunakan wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi.
Dalam penelitian ini menggunakan 4 informan yaitu kepala cabang, karyawan
bagian tabungan, dan bagian admin keuangan. Adapun penelitian ini tentang
KSPPS BMT NU Cabang Larangan mengenai strategi pemasaran segmenting,
targeting, dan positioning produk tabungan mudharabah serta kunjungan nasabah.
Sedangkan dokumentasinya yaitu profil KSPPS BMT NU Cabang Larangan,
struktur organisasi, data informan dan brosur tabungan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, strategi pemasaran STP
produk tabungan mudharabah di KSPPS BMT NU Cabang Larangan dilakukan
dengan cara menentukan segmentasi pasarnya terlebih dahulu. Berdasarkan hal
tersebut, dibagi berdasarkan geografik. Target pasar yang dilakukan di
Kecamatan Larangan adalah pedagang pasar Blumbungan dikarenakan lokasi
usaha tersebut. Sedangkan dari segi usia dan jenis kelamin, tidak ada persyaratan
khusus, namun yang paling penting harus memiliki KTP atau kartu induk siswa
dan memiliki akal sehat. Selanjutnya, posisi pasar yakni dengan memberikan
pelayanan yang ramah dan maksimal agar nasabah tertarik dan tetap menabung di
KSPPS BMT NU Cabang Larangan.Kedua, efektivitas strategi KSPPS BMT NU
Cabang Larangan dinilai efektif dan berhasil, hal ini karena jumlah nasabah dari
tahun 2018 hingga 2020 terus mengalami peningkatan. Hal ini sesuai dengan
tujuan KSPPS BMT NU Cabang Larangan mempertahankan dan menambah
jumlah nasabah.
Tidak tersedia versi lain