Text
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN, PELATIHAN DAN KEPRIBADIAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BPRS SARANA PRIMA MANDIRI PAMEKASAN
ABSTRAK
Fairuz Syavia, 2020, Implikasi Pendidikan, Pelatihan dan Kepribadian terhadap Kinerja
Karyawan PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan
Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Ach. Baiquni, M.
Ag.
Kata Kunci: Pendidikan, Pelatihan, Kepribadian, Kinerja Karyawan
Kinerja merupakan hal yang sangat penting yang menggambarkan tingkat pencapaian
pelaksanaan kegiatan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, visi dan misi suatu organisasi atau
perusahaan yang tertuang dalam strategi perencanaan suatu organisasi atau perusahaan. Untuk
meningkatkan kinerja tersebut, perlu mengetahui kebutuhan apa saja yang dapat
mempengaruhi kinerja karyawan suatu organisasi atau perusahaan . Salah satunya dibutuhkan
karyawan yang memiliki pendidikan yang sesuai, dibutuhkan juga pelatihan kerja serta
mengetahui kepribadian dari karyawan. Berdasarkan hal tersebut maka yang menjadi tujuan
penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
pendidikan, pelatihan dan kepribadian secara simultan dan parsial terhadap kinerja karyawan
PT BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal dengan menggunakan analisis
regresi berganda yang berguna untuk mengukur kekuatan hubungan suatu variabel dengan
variabel lainnya dan menunjukkan arah hubungan antara variabel dependen dengan variabel
independen. Penelitian ini menggunakan 52 responden sebagai sampel dari keseluruhan
populasi penelitian dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data menggunakan uji F
(simultan) dan uji t (parsial).
Hasil penelitian berdasarkan persamaan regresi linier berganda yaitu pendidikan
terhadap kinerja karyawan tidak memiliki pengaruh. Hasil pengujian pelatihan terhadap
kinerja karyawan memiliki pengaruh yang signifikan, serta kepribadian terhadap kinerja
karyawan juga memiliki pengaruh yang signifikan. Hasil uji t untuk variabel pendidikan tidak
berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan nilai thitung 1,395 > ttabel 2,010 dan taraf
signifiakan 0,169 > 0,05. Untuk variabel pelatohan berpengaruh signifikan terhadap kinerja
karyawan diperoleh nilai thitung 2,323 > ttabel 2,010 dengan taraf siginifikan 0,024 < 0,05. Dan
untuk variabel kepribadian berpengaruh terhadap kinerja karyawan diperoleh nilai thitung 2,173
> ttabel 2,010 dengan taraf siginifikan 0,035 < 0,05. Serta pengujian hipotesis dengan uji F
menunjukkan bahwa pendidikan, pelatihan dan kepribadian secara serentak berpengaruh
signifikan terhadap kinerja karyawan dengan fhitung 18,058 > ftabel 2,80 dan nilai signifikan
0,000 < 0,05.
Tidak tersedia versi lain