Text
STRATEGI PELAYANAN PRIMA BERDASARKAN KONSEP A3 [ATTITUDE, ATTENTION DAN ACTION] SEBAGAI UPAYA DALAM PENINGKATAN LOYALITAS NASABAH DI PT. BPRS SARANA PRIMA MANDIRI PAMEKASAN
ABSTRAK
FAJARINA HAMID, 2020, Strategi Pelayanan Prima Berdasarkan Konsep A3
(Attitude, Attention, dan Action) Sebagai Upaya Dalam Peningkatan Loyalitas
Nasabah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan, Skripsi, Program Studi
Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura,
Pembimbing: Khotibul Umam, SEI, M.E.I
Kata Kunci : Pelayanan Prima Konsep A3, Loyalitas Nasabah
Pelayanan prima atau pelayanan yang baik adalah kemampuan perusahaan
memberikan pelayanan yang dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan
sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Maka dalam sebuah usaha lembaga
keuangan pelayanan prima menjadi prioritas utama dalam kegiatan operasional
suatu perusahaan, sehingga mampu bertahan dalam iklim persaingan yang ketat. Pelayanan prima dapat diukur menggunakan indikator A3. Pelayanan prima
berdasarkan konsep A3 artinya pelayanan yang diberikan kepada pelanggan
dengan menggunakan pendekatan sikap (Attitude), perhatian (Attention), dan
tindakan (Action). Untuk memperoleh loyalitas yang tinggi dari nasabahnya,
perbankan membutuhkan penerapan pelayanan prima yang baik. Pada dasarnya
pelayanan prima adalah kepedulian kepada pelanggan dengan memberikan
pelayanan terbaik untuk memfasilitasi kemudahan pemenuhan kebutuhan dan
mewujudkan kepuasannya agar mereka selalu loyal kepada perusahaan. Dengan
demikian, pelayanan prima berperan dalam peningkatan loyalitas nasabah. karena
salah satu tujuan dari diterapkannya pelayanan prima adalah sebagai upaya
mempertahankan konsumen agar tetap loyal untuk menggunakan produk atau jasa
yang ditawarkan.
Terdapat dua permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini.
Pertama, bagaimana implementasi strategi peleyanan prima berdasarkan konsep
A3 yang dilakukan oleh PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Kedua,
bagaimanakah dampak strategi pelayanan prima berdasarkan konsep A3 sebagai
upaya dalam peningkatan loyalitas nasabah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri
Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan datanya dengan cara, penelitian lapangan, sedangkan alat yang
digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data yang dipergunakan adalah analisis data yang bersifat
kualitatif. Narasumbernya adalah customer service, teller, marketing, dan
nasabah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. BPRS Sarana Prima Mandiri
Pamekasan selalu berusaha untuk memberikan pelayanan dengan baik dan
melayani nasabah secara maksimal. Melayani nasabah dengan sopan santun,
ramah, bertanggung jawab dan memahami setiap kebutuhan nasabah. Hal tersebut
bisa memberikan dampak yang positif terutama terhadap peningkatan kepuasan
dan loyalitas nasabah. Pemberian pelayanan berdasarkan konsep A3 yang baik
kepada nasabah akan membuat nasabah merasa puas dan loyal sehingga nasabah
mempunyai keinginan untuk kembali bertransaksi dan menggunakan produk yang
ada di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan dan menutup kemungkinan
nasabah untuk berpindah ke lembaga keuangan lainnya.
Tidak tersedia versi lain