Text
STRATEGI KOMONIKASI SI PEMASARAN DALAM MENGEMBANGKAN PRODUK TABUNGAN LEMBAGA PEDULI SISWA DI BMT UGT SIDOGIRI CAPEM PANGENDINGAN
ABSTRAK
Sinta Nuriyah, 2020, Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mengembangkan Produk
Tabungan Lembaga Peduli Siswa di BMT UGT Sidogiri Capem Pagendingan,
Skripsi, Jurusan PBS, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing : Dr.
H. Nashar, SE., MM., M.Si
Kata Kunci : Pemasaran, Komunikasi Pemasaran, Pengembangan Produk.
Lembaga keuangan ataupun keuangan non bank membutuhkan strategi
pemasaran dalam mengembangkan produk yang dimiliki oleh lembaga keuangan,
strategi merupakan ilmu perencanaan dan penentuan arah operasi-operasi bisnis
berskala besar, menggerakkan semua sumber daya perusahaan yang dapat
menguntungkan secara aktual dalam bisnis sedangkan komunikasi merupakan
pertukaran informasi antara pembeli dan penjual, pertukaran informasi sangat penting
bagi peningkatan hubungan pemasaran.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitia ini, yaitu: Pertama, Bagaimana strategi komunikasi pemasaran
dalam mengembangkan produk tabungan lembaga peduli siswa di BMT UGT
Sidogiri Capem Pagendingan. Kedua, Apa saja hambatan strategi komunikasi
pemasaran dalam mengembangkan produk tabungan lembaga peduli siswadi BMT
UGT Sidogiri Capem Pagendingan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui strategi dan hambatan yang terjadi di BMT UGT Sidogiri Capem
Pagendingan dalam mengembangkan produk tabungan lembaga peduli siswa
tersebut.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualititaf dengan jenis deskriptif,
pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya
adalah kepala cabang pembantu dan Marketer/AOSP. Sedangkan pengecekan
keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi komunikasi pemasaran yang
dilakukan BMT UGT Sidogiri Capem Pagendingan dalam tabungan lembaga peduli
siswa yaitu dengan melakukan silaturrohim secara langsung kepada lembaga tidak
menggunakan brousur seperti tabungan yang lain dengan tujuan lembaga lebih
percaya dengan adanya tabungan tersebut. BMT menjelaskan dengan detail termasuk
keuntungan yang ada di tabungan lembaga peduli siswa termasuk amanah dan bebas
riba, terdapat pula bagi hasil jika menabung pada tabungan lembaga peduli siswa
yaitu Rp 150.000 persiswa tetapi tergantung dengan tabungan lembaga yang ada di
BMT UGT Sidogiri Capem Pagendingan. Kesulitan-kesulitan yang dapat diuraikan
dari penjelasan diatas bahwa pihak BMT tidak mengalami kesulitan apapun dalam
memasarkan produk tabungan peduli siswa selama ini.
Tidak tersedia versi lain