Text
PENGARUH MERKETING SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA KEUANGAAN SYARIAH DI UNIT SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH KOPERASI SUMBER ANYAR [USPPS KSA] PAMEKASAN
ABSTRAK
Elli Sukmaningrum, 2020, Pengaruh Marketing Syariah Terhadap Keputusan
Menggunakan Jasa Keuangan Syariah di Unit Simpan Pinjam Pembiayaan
Syariah Koperasi Sumber Anyar (USPPS KSA) Pamekasan, Skripsi, Program
Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura,
Pembimbing : Dr. H. Rudy Haryanto, S.ST, MM.
Kata Kunci: Marketing Syariah, Keputusan Menggunakan Jasa Keuangan Syariah
Pemasaran memiliki peran pokok dalam peta bisnis suatu perusahaan . Baik
perusahaan berskala nasional ataupun internasional membutuhkan seorang marketer
andal untuk memasarkan produk atau jasa. Kesuksesan suatu produk diterima oleh
target pasar tidak hanya ditentukan oleh murahnya harga atau kualitas yang ditawarkan,
tetapi ditentukan juga oleh strategi pemasaran yang dilakukan. Marketing syariah
merupakan sebuah solusi dalam menghadapi praktek pemasaran konvensional yang
kurang menjunjung tinggi nilai-nilai moralitas serta hak dan kewajiban konsumen
kurang dihargai dalam transaksi jual beli.Posisi marketer sangat berperan penting dalam
marketing syariah karena marketer menjadi connected antara konsumen dan produsen.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh
Marketing Syariah keputusan menggunakan jasa keuangan syariah di Unit Simpan
Pinjam Pembiayaan Syariah Koperasi Sumber Anyar (USPPS KSA) Pamekasan.
Variabel penelitian ini meliputi Teistis (X1), Etis (X2), Realistis (X3) dan Humanistis
(X4), sebagai variabel-variabel yang mempengaruhi dan Keputusan menggunakan jasa
keuangan syariah (Y) sebagai variabel yang dipengaruhi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak
87 responden dengan purpossive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner,
observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear
berganda. Hasil uji t diperoleh Teistis/Rabbaniyah (X1) diperoleh thitung sebesar 2,413 >
ttabel 1,662 taraf sig 0,018 secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan nasabah menggunakan jasa keuangan syariah. Etis/Akhlaqiyyah (X2)
diperoleh thitung sebesar 0,911 < ttabel 1,662 taraf sig 0,365 secara parsial tidak
berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa keuangan
syariah. Realistis/Al-waqiiyah (X3) diperoleh thitung sebesar -0,322 < ttabel 1,724 taraf sig
0,748 secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah
menggunakan jasa keuangan syariah. Humanistis/Insaniyah (X4) diperoleh thitung sebesar
2,717 > ttabel 1,662 taraf sig 0,008 secara parsial berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa keuangan syariah di Unit Simpan
Pinjam Pembiayaan Syariah Koperasi Sumber Anyar (USPPS KSA) Pamekasan.
Artinya 60,8% keputusan nasabah menggunakan jasa keuangan syariah dijelaskan oleh
variasi variabel independen (Teistis/Rabbaniyah (X1), Etis/Akhlaqiyyah (X2),
Realistis/Al-waqiiyah (X3), dan Humanistis/Insaniyah (X4)).
Tidak tersedia versi lain