Text
STRATEGI PENGUASAHA CAFE INSOMNIA PANGLEGUR MENGHADAPI PERSAINGAN ANTAR PENGUSAHA LAIN PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM
ABSTRAK
Nurul Qomariyah 2020. Strategi Pengusaha Cafe Insomnia Panglegur
Menghadapi Persaingan Antar Pengusaha Lain Persepektif Ekonomi Islam.
Skripsi, Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut
Agama Islam Negeri Madura (IAIN MADURA), Pembimbing Lely Shofa Imama,
Lc., M.S,I
Kata Kunci: Strategi, Persaingan, Ekonomi Islam
Melakukan Bisnis tidak hanya didasarkan oleh profit semata tanpa di dasari
adanya etika, karena berbisnis merupakan bagian dari sistem sosial. Islam sebagai
suatu agama memiliki solusi terbaik agar bisnis dijalan kan sesuai dengan etika.
Di dalam prakteknya ekonomi dan akhlak merupakan satu kesatuan yang tak
terpisahkan. Untuk itu rumusan masalah yang saya yaitu bagaimana strategi
pengusaha cafe insomnia dalam menghadapi persaingan dengan cafe yang lain.
Dan yang kedua bagaimana strategi pengusaha cafe insomnia dalam menghadapi
persaingan antar pengusaha cafelain dalam persepektif etika bisnis Islam.
Penelitian yang dilakukan peneliti merupakan penelitian lapangan dan pendekatan
penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan
sekunder. Objek yang diteliti yakni pemilik cafe insomnia. Informan yang di
wawancarai adalah pemilik cafe, konsumen dan masyarakat sekitar. Metode
keabsahan data yang digunakan yaitu
Hasil penelitian memperoleh temuan yaitu strategi pengusaha cafeinsomnia
panglegur menghadapi persaingan antar pengusaha lain persepektif ekonomi
Islam. Dalam strategi yang diterapkan dalam menghadapi persaingan yaitu
mendirikan konsep tersediri dan juga memperkuatkan produknya yaitu dari segi
produk minuman, makanan, harga dan tempat. Dalam strategi persepektif
ekonomis islamlebih mengutamakan bentuk dari produk, harga, dan juga
pelayanan. Yang perlu ditindak lanjuti dari peelitian ini adalah menjadikan
temuan penelitian ini sebuah saran supaya dalam berbisnis dapat bersaing sehat
tanpa merendahkan atau menjelekkan pengusaha cafe yang lain. Juga menjual
produk-produk yang layak untuk di jual dengan harga sesuai produk, agar tidak
merugikan konsumen atau pengunjung cafe tersebut.
Tidak tersedia versi lain