Text
PENGEMBANGKAN KREATIVITAS DISIPLIM MEMELIHARA LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM MADRASAH BERBASIS WISATA EDUKASI DI LINGKUNGAN MA AL-AMIEN 1 PRAGAAN
ABSTRAK
Tria Fera Sasmita, 2020, Pengembangan Kreativitas Disiplin Memelihara
lingkungan Melalui Program Madrasah Berbasis Wisata Edukasi Lingkungan di
MA Al-Amien 1 Pragaan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam,
Fakultas Tarbiyah, Pembimbing Dr. Saiful Hadi, M. Pd.
Kata Kunci: Kreativitas, Disiplin, Madrasah Berbasis Wisata Edukasi.
Pengembangan kreativitas disiplin memelihara lingkungan melalui
program madrasah berbasis wisata edukasi lingkungan adalah pendidikan yang di
dalamnya bersahabat dengan alam. Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang
memiliki tujuan membentuk manusia yang berkualitas, tentunya sangat
diperlukan suatu aturan guna mewujudkan tujuan tersebut, salah satunya adalah
kedisiplinan.
Ada dua focus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini,
yaitu: pertama, Bagaimana pengembangan kreativitas dsiplin memelihara
lingkungan melalui program madrasah berbasis wisata edukasi lingkungan di MA
Al-Amien 1 Pragaan?.Kedua,Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam
pengembangan kreativitas disiplin memelihara lingkungan melalui program
madrasah berbasis wisata edukasi lingkungan di MA Al-Amien 1 Pragaan?
Penelitian ini menggunakan metode peneletian dengan pendekatan
kualitatif dan jenisnya deskriptif. Data yang diperoleh yaitu dengan cara
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah,
ustadzah dan siswa.Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, pengamatan dan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: pertama,
pengembangan kreativitas disipilin memelihara lingkungan melalui program
madarasah berbasis wisata edukasi lingkungan di MA Al-Amien 1 Pragaan cukup
baik karena mempunyai standart operasional procedural (SOP) bahwa setiap
semester mempunyai program kelas TER, Terindah, Tersejuk, terbersih dan
sebagainya. Sehingga kemudia dalam tiap bulannya mengadakan penilaian atau
perlombaan dan di evaluasi. Program itu menjadikan stimulus anak. Bahwa anakanak harus bisa mendisiplinkan diri terutama dalam kebersihan lingkungan
madrasah dan sekitarnya. Nampaknya kedisiplinan itu ditunjang untuk adanya
program-program seperti itu.Kedua, faktor penghambat apabila kesadaran sisa
erkurang akan lingkungan , dan kesadaran masyarakat dan kurangnya dana. jika
madrasah tidak ada program memelihara lingkungan maka cenderung disiplin
anak menjaga lingkungan madrasah itu kurang, kemudian juga ada control
pemantauan dan Asesmen. Sedangkan faktor pendukung sarana dan prasarana
mendukung, komite sekolah mendudkung, dan kesadaran peserta didik. bisa
menanamkan kesadaran kepada anak dalam hal berdisiplin terhadap apa yang ada
disekitar kita.
Tidak tersedia versi lain