Text
KOMPETENSI MANAJERIAL KAPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROGRAM EKSTRA TAHFIDZ JUS AMMA DI MI AN-NAJAH 1 KARDULUK PRAGAAN SUMENEP
ABSTRAK
Abdul Karim Uais, 2020, Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam
Meningkatkan Program Ektsra Tahfidz Juz Amma di MI An-Najah I Karduluk
Pragaan Sumenep, Skripsi Program Studi MPI, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing
Dr, Edi Susanto, M. Fil. I
Kata Kunci: Komepetensi Manajerial, Kepala Madrasah, Program Ektstra tahfidz
Dalam upaya menghasilkan sekolah yang berkualitas, banyak faktor yang
terlibat di dalamnya, salah satu peranan yang sangat menentukan adalah kepala
madrasah. Kedudukan kepala madrasah dalam penyelenggaraan pendidikan di
madrasah merupakan figur sentral yang bertanggung jawab terhadap lancar
tidaknya kegiatan proses pendidikan di madarsah. Sumber daya manusia,
keuangan, sarana dan prasarana serta informasi tidak akan dapat berperan optimal
dalam pencapaian tujuan madrasah untuk tanpa dikelola dengan baik oleh kepala
madrasah.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga pembahasan yang menjadi fokus
dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Komepetensi Merancang Program Ekstra
Tahfidz Juz Amma di MI An-Najah I Karduluk Pragaan Sumenep; kedua,
Komepetensi Malaksanakan Program Ektra tahfidz Juz Amma di MI An-Najah I
Karduluk Pragaan Sumenep; ketiga, Komepetensi Menilai Program Ekstra
Tahfidz Juz Amma di MI An-Najah I Karduluk Pragaan Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif
karena data yang diperoleh berupa kata-kata bukan angka. Sedangkan sumber data
diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah
kepala sekolah, guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui triangulasi, perpanjangan kehadiran dan ketekunan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Kompetensi merancang
program ektrakurikuler khususnya program ekstra tahfidz juz amma yaitu,
bagaimana suatu program yang di jalankan berjalan secara maksimal, penentu
dalam pendeskripsian tujuan yang ingin di capai, suatu penentuan strategi atau
metode yang akan di pakai dalam pelaksanaan seperti pembagian surah juz amma
dari kelas satu samapai kelas enam, penetuan suatu meteri-materi yang akan di
terapkan dalam sebuah program, dan juga mengembangkan rancangan dalam
pelaksanaannya. Kedua, Kompetensi melaksanakan program ekstra tahfidz juz
amma di MI An-Najah I yaitu dengan di lakukan pembiasaan membaca surahsurah sebelum memulai mata pelajaran dari jam 06:30-07:00 sesuai dengan jadwal
kelas masing-masing. Ketiga, Kompetensi menilai yang dilakukan dalam program
ekstra tahfidz juz amma di MI An-Najah I yaitu dengan beberapa tahap yang
pertama yaitu di lakukan oleh wali kelas masing-masing secara individu atau
masing-masing siswa sebelum di lakukan penilaian oleh wali kelasnyadan
selanjutnya dilakukan penilaian oleh wali kelas masing masing siswa untuk di
masukkan pada raport siswa, yaitu masuk pada penilaian penilaian program
ekstrakurikuler.
Tidak tersedia versi lain