Text
ANALISIS IMPLEMENTASI NILAI ETIKA BISNIS ISLAM PADA HOTEL MADINAH PAMEKASAN
ABSTRAK
Yazid Shafly Rahman, 2020, Analisis Implementasi Nilai Etika Bisnis Islam
Pada Hotel Madinah Pamekasan, Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah,
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing, Ah.
Shibghatullah Mujaddidi, S.E.I., M.A
Kata Kunci: Etika Bisnis Islam
Di dalam ajaran Islam diberikan tuntunan bagaimana berbisnis yang sesuai
dengan norma-norma ajaran Islam sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah
SAW yang merupakan pebisnis ulung dengan berbagai keutamaan sifat beliau.
Etika bisnis Islam adalah suatu kebiasaan atau budaya moral yang berkaitan
dengan kegiatan bisnis suatu perusahaan yang sesuai dengan Al-Qu’an dan AsSunnah. Hotel Madinah Pamekasan suatu bisnis yang menerapkan konsep syariah,
karena hotel tersebut tidak ada hiburan malam, dan juga menerapkan larangan
untuk pasangan bukan suami istri untuk menginap, dalam proses chek innya yaitu
harus menunjukkan KTP dan Surat nikah.
Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu pertama, peneliti
ingin mengetahui macam-macam etika bisnis Islam yang digunakan pada hotel
madinah. Kedua, peneliti ingin mengetahui manajemen Bisnis Syariah pada hotel
madinah dalam strategi bersaing diperhotelan.
Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Prosedur
pengumpulan data yang digunakan dengan cara wawancara, observasi dan
dokumentasi. Informannya adalah manajer hotel, karyawan dan costumer hotel
Madinah Syariah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, macam-macam etika bisnis
Islam pada Hotel Madinah Pamekasan dilihat dari berbagai aspek, yang dalam
prakteknya sudah sesuai syariah, meliputi dari aspek kejujuran, tidak mengambil
keuntungan terlalu besar, tanggung jawab, tidak mengganggu kegiatan ibadah.
Kedua, manajemen bisnis syariah pada hotel madinah dalam strategi bersaing di
perhotelan yaitu, yang sudah berjalan dengan baik, bentuk strategi bersaing hotel
madinah dengan hotel yang lain dari segi pelayanan, dan mengadakan kegiatan
rutin silaturrahmi kemitraan internal.
Tidak tersedia versi lain