Text
THE CORRELATION BETWEEN GENRE OF TEXTS AND STUDENT'S READING COMPREHENSION OF THE EIGHT CLASS OF SMP PLUS NURUL HIKMAH PAMEKASAN
ABSTRAK
Choirunnisa, 2020, Hubugan Korelasi antara genre Teks Dengan Pemahaman
Membaca pada Siswa Kelas Delapan SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan, Skripsi,
Program Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Institute Agama Islam Negeri (IAIN)
Madura. Pembimbing: Dr. H. Umar Bukhory, M.Ag.
Kata Kunci : Text Genre, Pemahaman Membaca
Membaca adalah proses dimana makna sebuah teks tertulis dapat dimengerti.
Pengertian yang dihasilkan disebut pemahaman membaca. Genre sangat penting
dalam membaca, hal itu akan mempengaruhi pemahaman siswa dalam mebaca
Karena menyediakan fitur teks untuk mebantu siswa mengidentifikasi teks karena
setiap genre memiliki fungsi sosial, struktur genre dan fitur linguistic yang berbeda.
Terdapat dua rumusan masalah dalam penelitian ini, pertama adalah apakah
ada hubungan antara genre teks dengan pemahaman membaca pada siswa kelas
delapan SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Keduan adalah seberapa signifikan
korelasi antara genre teks dengan pemahaman membaca pada siswa kelas delapan
SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan.
Berdasarkan rumusan masalah penelitian, tujuan dari penelitian ini adalah
untuk menelidiki apakah ada korelasi antara genre teks dengan pemahaman membaca
pada siswa kelas delapan SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan, dan untuk menguji
korelasi antara genre teks dengan pemahaman membaca pada siswa kelas delapan
SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini,
yaitu genre teks sebagai variabel independen dan pemahaman membaca pada siswa
kelas delapan sebagai variabel dependen.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi kuantitatif.
Populasinya adalah siswa kelas delapan SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Dalam
penelitian ini variabel bebas akan menggunakan purposive sampling adalan buku
pelajaran bahasa inggris, sedangkan variabel terkait akan menggunakan sample
random sampling berkonsultasi dengan 20 siswa. Instrument penelitian yang
menggunkan rumus test person product moment akan digunakan untuk megukur
korelasi antara genre teks dengan pemahaman membaca siswa.
Hasil dari penelitian ini terungkap bahwa ada korelasi diantara keterbacaan
teks dengan pemahaman membaca pada siswa kelas delapan SMP Plus Nurul
Hikmah Pamekasan, secara statistik signifikan. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai
korelasinya bahwa rxy adalah 0.94 dan nilai tersebut lebih besar dari pada r table,
apakah pada interval 95% dan 99%, ketika N=20 adalah 0,44 dan 0,56.
Dari hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa ada korelasi cukup positif diantara
keterbacaan teks dan pemahaman membaca pada siswa kelas delapan SMP Plus
Nurul Hikman Pamekasan. Alternatif hipothesis diterima, dan disarankan kepada
guru bahasa Inggris untuk mempertimbangkan genre teks untuk pemahaman
membaca siswa.
Tidak tersedia versi lain