Text
THE STUDENTS' DIFFICULTIES IN UNDERSTANDING THE FUNCTION OF MORPHEME -ING IN THE SIXTH SEMESTER OF ACADEMIC YEAR 2017 OF ENGLISH DEPARTEMENT IN IAIN MADURA
ABSTRAK
Usman, 2020, kesulitan siswa dalam memahami fungsi morpheme-ing di semester
6 TBI di IAIN Madura, Sarjana, Tesis, Program Pembelajaran Pengajaran Bahasa
Inggris (TBI), Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Pembimbing: Rabi’ah M. Pd.
Kata Kunci: kesulitan siswa, morfem, morfem-ing
Tata bahasa adalah seperangkat aturan yang mendefinisikan bagaimana
kata digabungkan dan diubah untuk membentuk unit makna yang dapat diterima
dalam bahasa yang meliputi fonologis, morfologi, dan sintaksis. Karena tata
bahasa penting dalam komunikasi, siswa harus menguasainya. Padahal, belajar
tata bahasa tidaklah mudah bagi siswa. Sebagian besar siswa mengalami kesulitan
dalam belajar tata bahasa. Para siswa biasanya bingung dengan aturan dan
penggunaan tenses bahkan dalam memahami fungsi morfem di mana ia dapat
memiliki dua fungsi.
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kesulitan siswa dalam
memahami fungsi morfem dan faktor-faktor kesulitan siswa di semester keenam
Departemen Bahasa Inggris di IAIN Madura. Penelitian ini menggunakan
penelitian kualitatif sebagai pendekatan dan penelitian deskriptif sebagai jenis
penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa semester enam jurusan Bahasa
Inggris IAIN Madura sedangkan objek penelitian ini adalah siswa kesulitan dalam
memahami morfem. Peneliti menggunakan wawancara dan dokumentasi untuk
mengumpulkan data tentang kesulitan siswa dalam memahami fungsi morfem.
Dari temuan tersebut, peneliti menemukan bahwa para siswa mendapat
kesulitan dalam membedakan fungsi morfem. Para siswa menyatakan bahwa
materi gerund dan participle sulit dipahami, karena pemahaman morfologis yang
kurang, terutama penggunaannya ketika mereka harus menggunakan gerund dan
participle hadir. Faktor-faktor kesulitan siswa disebabkan oleh siswa kurang
pemahaman dalam afiksasi; mereka bingung ketika mereka menemukan kata yang
ditambahkan oleh imbuhan termasuk dalam gerund atau participle hadir, lupakan
pelajaran bahkan mereka telah belajar tentang morfem, mereka masih
mendapatkan kesalahan dalam fungsi morfem, kurangnya kosakata, dan mereka
tidak suka morfologi atau kurang motivasi belajar morfologi.
Kesimpulannya, mahasiswa semester enam Jurusan Bahasa Inggris di
IAIN Madura masih mengalami kesulitan dalam memahami fungsi morfing untuk
berbagai faktor.
Tidak tersedia versi lain