Text
A STUDY ON THE PARTICIPANTS STRATEGIES IN ANSWERING THE LISTENING SECTION OF ENGLISH PROFICIENCY TEST AT CENTER OF IAIN MADURA
ABSTRACT
Jismil Latifia Nanda, 2020," A Study on The Participants Strategies in Answering
the Listening Section of English Proficiency Test at Center of Language
Development of IAIN Madura '', English Teaching Learning Program (TBI),
Tarbiyah Faculty, The State Islamic Institute Madura, advisor: Eva Nikmatul
Rabbianty, M. Pd.
Keyword: Strategy, Listening, English Proficiency Test, Center of Language
Development of IAIN Madura.
Listening is one of basic skill that found in English. We often feel
confused and difficult to learn listening skills because unlike other English skills
such as speaking, reading, and writing that we can learn by often practicing it,
listening requires more effort than just practice, we must have a good vocabulary
mastery and also broad insight so we can listen well the material given. In IAIN
Madura we have a Center of Language Development that provide language test
that called English Proficiency Test (EPT) that usually it is used by English
Teaching Learning Program students to test their ability in English. According to
the several students who have taken this test, they said that the listening section of
this test were difficult to do so the researcher want to looking for strategy that can
be used by the students who want to take this test to make them easier in taking
the test especially in listening section of this test. So in this case the researcher
want to conduct research A Study on the Students Strategies in Answering the
Listening Section of English Proficiency Test at Center of Language Development
of Iain Madura.
There are two research focuses in this research, they are; what are the
students strategies in answering the listening section of English Proficiency Test
at Center of Language Development of IAIN Madura, and what are the students
suggestion to the next participant who want to take the English Proficiency Test
especially on answering the Listening Section of English Proficiency Test At
Center of Language Development of IAIN Madura.
In this research, the researcher uses qualitative as an approach of this
research. The researcher uses three instruments in collecting the data; interview,
documentation and field note. For analyzing the data, the researcher uses data
condensation, data display, and drawing and verifying conclusions. Then the
researcher uses triangulation of data source in checking the validity of data.
In this research the researcher found that a lot of participants used
strategy like read a lot of TOEFL books, searching a lot of information about tips
and tricks to success in TOEFL test because this test is quite similar with TOEFL
test. Besides that, another strategy that usually used by the participants is listen to
English songs or English conversation to make them familiar with the listening
test. A lot of participants give a suggestion like the next participants must improve
their vocabulary mastery because if the participants have a good vocabulary
mastery it can make them easier in taking the test.ii
ABSTRAK
Jismil Latifia Nanda, 2020, "Sebuah Studi Tentang Strategi Peserta dalam
Menjawab Bagian Mendengarkan Tes Kecakapan Bahasa Inggris di Pusat
Pengembangan Bahasa IAIN Madura'', Program Pembelajaran Pengajaran Bahasa
Inggris (TBI), Fakultas Tarbiyah, Institusi Lembaga Islam Madura, penasihat: Eva
Nikmatul Rabbianty, M. Pd.
Kata kunci: Strategi, Mendengarkan, Tes Kecakapan Bahasa Inggris, Pusat
Pengembangan Bahasa IAIN Madura.
Mendengarkan adalah salah satu keterampilan dasar yang ditemukan
dalam bahasa Inggris. Kita sering merasa bingung dan sulit untuk mempelajari
keterampilan menyimak karena tidak seperti kemampuan bahasa Inggris lainnya
seperti berbicara, membaca, dan menulis yang dapat kita pelajari dengan sering
melatihnya, mendengarkan membutuhkan lebih banyak upaya daripada sekadar
latihan, kita harus memiliki penguasaan kosa kata yang baik dan juga wawasan
yang luas sehingga kita bisa mendengarkan dengan baik materi yang diberikan. Di
IAIN Madura kami memiliki Pusat Pengembangan Bahasa yang menyediakan tes
bahasa yang disebut Tes Kemampuan Bahasa Inggris (EPT) yang biasanya
digunakan oleh siswa Program Pembelajaran Bahasa Inggris untuk menguji
kemampuan mereka dalam bahasa Inggris. Menurut beberapa siswa yang telah
mengikuti tes ini, mereka mengatakan bahwa bagian mendengarkan dari tes ini
sulit dilakukan sehingga peneliti ingin mencari strategi yang dapat digunakan oleh
siswa yang ingin mengambil tes ini untuk membuatnya lebih mudah dalam
mengikuti tes terutama di bagian mendengarkan. Jadi dalam hal ini peneliti ingin
melakukan penelitian Studi tentang Strategi Siswa dalam Menjawab Bagian
Mendengarkan Tes Kecakapan Bahasa Inggris di Pusat Pengembangan Bahasa
Iain Madura.
Ada dua fokus penelitian dalam penelitian ini, yaitu; apa strategi siswa
dalam menjawab bagian mendengarkan Tes Kecakapan Bahasa Inggris di Pusat
Pengembangan Bahasa IAIN Madura, dan apa saran siswa untuk peserta
berikutnya yang ingin mengambil Tes Kecakapan Bahasa Inggris terutama pada
menjawab Mendengarkan Bagian dari Tes Kecakapan Bahasa Inggris di Pusat
Pengembangan Bahasa IAIN Madura.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan kualitatif sebagai pendekatan
penelitian ini. Peneliti menggunakan tiga instrumen dalam mengumpulkan data;
wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Untuk menganalisis data, peneliti
menggunakan kondensasi data, menampilkan data, dan menggambar dan
memverifikasi kesimpulan. Kemudian peneliti menggunakan triangulasi sumber
data dalam memeriksa validitas data.
Dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa banyak peserta
menggunakan strategi seperti membaca banyak buku TOEFL, mencari banyakiii
informasi tentang tips dan trik untuk sukses dalam tes TOEFL karena tes ini
sangat mirip dengan tes TOEFL. Selain itu, strategi lain yang biasanya digunakan
oleh peserta adalah mendengarkan lagu-lagu bahasa Inggris atau percakapan
bahasa Inggris untuk membuat mereka terbiasa dengan tes mendengarkan. Banyak
peserta memberikan saran seperti peserta berikutnya harus meningkatkan
penguasaan kosa kata mereka karena jika peserta memiliki penguasaan kosa kata
yang baik dapat membuat mereka lebih mudah dalam mengikuti tes.
Tidak tersedia versi lain