Text
USE OF INFORMATION TECHNOLOGY USED BY THE LECTURERS IN TEACHING LEARNING PROCESS AT ENGLISH EDUCATION DEPARTEMENT OF IAIN MADURA
ABSTRAK
Arikatul Jannah, 2020, Penggunaan Teknologi Informasi yang digunakan oleh Dosen dalam proses belajar mengajar di jurusan Bahasa Inggris di IAIN Madura , Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Inggris (TBI), Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Dosen Pembimbing : Mulyadi, S.S., M.Pd.
Keywords : Teknologi Informasi, Media
Teknologi Informasi adalah teknologi yang mencakup semua peralatan teknis untuk memproses dan mengirimkan informasi. teknologi informasi mencakup semua hal yang berkaitan dengan proses, digunakan sebagai alat, manipulasi, dan pemrosesan informasi. Media adalah segala sesuatu yang dapat mendistribusikan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Dan juga media adalah alat yang digunakan dalam proses belajar mengajar yang mendukung guru untuk memberikan penjelasan terhadap siswa yang menarik dan membuat siswa mudah memahami materi.
Ada dua fokus penelitian dalam penelitian ini: pertama, apa macam-macam IT media pembelajaran yang digunakan oleh dosen jurusan Bahasa Inggris. Kedua, bagaimana IT media pembelajaran memfasilitasi dosen dalam mengajar subjek pada mahasiswa jurusan bahasa Inggris.
Ini adalah penelitian kualitatif, peneliti mengumpulkan data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari data yang dikumpulkan, peneliti dapat mengetahui macam-macam IT media pembelajaran yang digunakan oleh dosen jurusan Bahasa Inggris. Dan juga untuk mengetahui bagaimana IT media pembelajaran memfasilitasi dosen dalam mengajar subjek pada mahasiswa jurusan bahasa Inggris.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga macam-macam IT media pembelajaran yang digunakan oleh dosen mahasiswa jurusan bahasa Inggris. Yang pertama adalah Laptop, guru menggunakan laptop dalam proses belajar mengajar agar siswa dapat lebih memahami materi. Yang kedua adalah Edmodo, guru menggunakan aplikasi edmodo karena lebih mudah untuk memberikan beberapa materi seperti, audio, video, dokumen, atau PPT. Yang terakhir adalah Google classroom, guru menggunakan google classroom karena lebih mudah untuk memberikan beberapa materi, beberapa informasi, atau pertanyaan, dan juga membuat lebih mudah bagi siswa karena siswa dapat lebih cepat menerima materi meskipun tidak masuk di kelas.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, peneliti menyimpulkan bahwa macam-macam IT media pembelajaran yang digunakan oleh dosen sangat membantu bagi guru karena dapat membuat siswa lebih mudah memahami materi dan tidak perlu menulis jika guru menggunakan power point, dan juga jika guru menggunakan aplikasi itu membuat siswa lebih cepat menerima materi. Dan juga lebih mudah bagi siswa jika guru tidak memasuki kelas sehingga guru memberikan informasi dari aplikasi tersebut. Dan memberikan beberapa pertanyaan dalam aplikasi tersebut.
Tidak tersedia versi lain