Text
INVESTIGATING STUDENTS' PERCEPTION ON LECTURER'S PERFOMANCE OF TEACHING LEARNING PROCESS ON TEFL SUBJECT ON FIFTH SEMESTER OF ENGLISH EDUCATION PROGRAM AT IAIN MADURA
ABSTRAK
Yunita Alif Maghfiroh, 2020, "Menyelidiki Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Dosen Pada Proses Belajar Mengajar pada Mata Kuliah TEFL pada Semester kelima Program Pendidikan Bahasa Inggris di IAIN Madura”, Program Belajar Mengajar Bahasa Inggris (TBI), Fakultas Tarbiyah, Lembaga Islam Negeri, Institut Agama Islam Negeri Madura.
penasihat:Drs.Moh.MashurAbadi,M.Fil.I
Kata kunci: Persepsi Siswa, Kinerja Dosen, Proses Belajar Mengajar.
Mahasiswa yang menjadi penerima materi dalam proses belajar mengajar tentu memiliki persepsi berbeda tentang kinerja dosen dalam mengajar. Dalam hal ini dosen memiliki pengaruh untuk membantu keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran dengan membuat mereka memahami terkait materi dan membuat mereka sukses dalam mencapai tujuan dalam belajar. Jadi dalam proses belajar mengajar dosen harus memiliki strategi kinerja yang baik untuk mendukung siswa tentang cara belajar bahasa Inggris terutama dalam mata pelajaran TEFL (Mengajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing). Seperti kita ketahui bahwa bahasa Inggris sebagai bahasa asing di negara kita. Karena itu penting bagi dosen atau guru untuk mengajar siswa agar mereka tahu cara berbicara seperti penduduk asli, cara menulis bahasa Inggris dengan baik, dan juga yang penting adalah bagaimana mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Jadi dalam hal ini dosen harus memiliki keterampilan yang baik untuk mengajar mereka, dan juga untuk mendukung keberhasilan proses belajar mengajar dosen harus memiliki strategi atau media yang baik dalam proses belajar mengajar. Peneliti tertarik untuk menyelidiki persepsi siswa tentang kinerja dosen dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran TEFL pada semester kelima program pendidikan bahasa Inggris di IAIN Madura.
Ada dua fokus penelitian dalam penelitian ini, yaitu; bagaimana persepsi siswa tentang kinerja dosen dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran TEFL pada semester kelima program pendidikan Bahasa Inggris di IAIN Madura, dan apa manfaatnya para siswa mengetahui kinerja dosen dalam proses belajar mengajar pada Mata Pelajaran TEFL dalam proses kelas pada semester kelima Program Pendidikan Bahasa Inggris di IAIN Madura.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan kualitatif sebagai pendekatan penelitian ini. Peneliti menggunakan tiga instrumen dalam mengumpulkan data; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan kondensasi data, tampilan data, dan menggambar dan memverifikasi kesimpulan. Kemudian peneliti menggunakan triangulasi sumber data dalam memeriksa validitas data.
Hasil penelitian yang ditemukan oleh peneliti bahwa mahasiswa pada semester lima IAIN Madura, ada beberapa persepsi dari siswa tetapi hampir dari siswa menyatakan bahwa, dosen menguasai materi dan terlihat profesional dalam mengajar. Ketika dia mengajar dia menggunakan bahasa yang sopan dan memberi pelajaran secara efektif kepada siswa. Dosen juga memotivasi siswa untuk mengembangkan potensi mereka dan juga mengajar mereka bagaimana menjadi guru yang baik. Dosen memberi contoh sesuai dengan sosial, agama, hukum dan norma-norma singkat kepada siswa baik dalam bagaimana ia bertindak, pakaian, sikap dan mematuhi etos kerja di kampus. Dosennya sabar, bijak, jujur, dan bertanggung jawab dalam mengajar dan dia juga tidak pernah membedakan siswa berdasarkan status sosial, ekonomi, gender, dan ras mereka. Dosen menggunakan beberapa media dalam pengajaran seperti, laptop, lcd dan proyektor untuk menunjukkan slide persentasi dan video atau gambar yang terkait materi agar siswa lebih mudah dalam memahami materi. Dan siswa mendapat manfaat mengetahui kinerja dosen dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran TEFL. Mahasiswa dapat memberikan pendapat terkait kinerja dosen saat proses belajar mengajar. Mereka bisa mendapatkan motivasi dari kinerja dosen dalam proses belajar mengajar. Mahasiswa dapat memberikan saran terkait kinerja dan strategi dosen dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil tersebut, kinerja dosen pada mata pelajaran TEFL baik dalam proses belajar mengajar dan juga memberikan manfaat bagi siswa pada semester kelima di IAIN Madura.
Tidak tersedia versi lain