Text
THE IMPLEMENTATION OF AUSTRALIAN PARLIAMENTARY DEBATE ON TEACHING SPEAKING AT ENGLISH AREA OF LATEE (EAL) PONDOK PESANTREN ANNUQIYAH DAERAH LATEE
ABSTRAK
Musfik Effendi, 2020, Penerapan Debat Australian Parliamentary dalam Mengajar Berbicara di English Area of Latee (EAL) Pondok Pesantren Annuqayah Daerah Latee. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Tadris Bahasa Inggris (TBI), Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN Madura), Pembimbing : Fadilah, M.Pd.
Kata Kunci : Penerapan , Debat, Berbicara.
Dalam proses pembelajaran, pemilihan sebuah metode atau cara yang di ambil oleh seorang guru tidaklah hanya berdasarkan pada kapasitas kemampuan siswa serta tidak hanya berpedoman terhadap senang tidaknya siswa pada cara atau metode yang diterapkan. Seorang guru harus berfikir lebih jauh serta mengambil langkah yang serius dengan cara menerapkan metode yang memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa. Debat Australia parliamentary merupakan salah satu solusi dalam pembelajaran Bahasa Inggris terutama sekali dalam pembelajaran speaking.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana penerapan debat Australia parliamentary dalam pembelajaran speaking oleh guru Bahasa Inggris di English Area of Latee (EAL) dan bagaimana respon-respon guru dan siswa terhadap penerapan debat Australia parliamentary tersebut. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yang pertama adalah menjelaskan bagaimana penerapan debat Australia parliamentary dalam pembelajaran speaking dan yang kedua adalah untuk mengetahui respon-respon guru dan siswa terhadap penerapan debat Australia parliamentary dalam pembelajaran speaking tersebut.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan debat Australia parliamentary dalam pembelajaran speaking oleh guru bahasa inggris dan untuk mengetahui respon-respon yang diberikan oleh guru dan siswa terhadap penerapan debat Australia parliamentary dalam pembelajaran speaking. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan tiga cara untuk mendapatkan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di English Area of Latee (EAL) Pondok Pesantren Annuqayah Daerah Latee.
Hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa debat Australia parliamentary merupakan serangkaian kegiatan development skill dalam pembelajaran speaking di English Area of Latee (EAL) dengan tujuan meningkatkan kualitas speaking siswa. Berbagai respon diberikan oleh siswa diantaranya: debat Australia parliamentary membantu siswa dalam berfikir secara kritis, memperluas wawasan siswa serta membuat siswa bisa mengetahui hal-hal baru terutama sekali isu-isu yang sedang ramai di perbincangkan publik, memotivasi siswa untuk terus membaca serta membantu siswa dalam memecahkan sebuah masalah.
Tidak tersedia versi lain