Text
STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN MADRASAH ADIWIYATA DI MAN 2 PAMEKASAN
ABSTRAK
Nur Azizah, 2020, Strategi Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Madrasah
Adiwiyata di MAN 2 Pamekasan Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan
Islam, Fakultas Tarbiyah, untuk IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Ali Nurhadi,
S,Pd., M.Pd
Kata Kunci: Strategi, Kepala Madrasah, Adiwiyata
Dalam program Adiwiyata dyang di jalankan oleh Madrasah sebagai
kepala Madrasah mempunyai peran penting dalam program tersebut. Dan juga
sebagai kepala madrasah harus mempunyai strategi yang bagus dalam
menjalankan ataupun mengembangkan program yang sudah ada di Madrasah itu
senidri. Oleh karena semua siswa maupun guru-guru dan juga warga Madrasah
lainnya harus mempunyai kesadaran terhadap lingkungan yang ada di Madrasah.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana strategi kepala Madrasah
dalam mengembangkan madrasah adiwiyata di MAN 2 Pamekasan; kedua, faktorfaktor apa saja yang menjadi pendukung kepala madrasah dalam mengembangkan
madrasah adiwiyata di MAN 2 Pamekasan; ketiga, apa saja faktor penghambat
kepala Madrasah dalam mengembangkan Madrasah adiwiyata di MAN 2
Pamekasan.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Informannya adalah Kepala Madrasah, Ketua adiwiyata, dewan
guru dan juga siswa-siswi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Selanjutnya data diolah dan dianalisis melalui teknik analisa data sebagai berikut:
bagaimana mengembangkan program adiwiyata yang ada di Madarsah, seperti
strategi, pelaksanaanya dan hasil yang didapat dalam strategi kepala madrasah
dalam mengembangkan madrasah adiwiyata.
Tidak tersedia versi lain