Text
MENAJEMEN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN RUMPUN PAI DI MAN 2 PAMEKASAN
ABSTRAK
RR Larashati Febriani Pramita, 2020, Manajemen Kurikulum 2013 Pada Mata
Pelajaran Rumpun PAI d MA 2 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Maura, Pembimbing: Dr. Buna’i,
S.Ag.,M.Pd
Kata kunci: Manajemen, Kurikulum 2013,PAI
Manajemen kurikulum merupakan sistem pengelolaan dalam bidang
pendidikan yang bergerak didalam pendidikan mengenai proses bahan ajar.
Manajemen kurikulum 2013 mengatur seperangkat rencana pembelajaran sebagai
pedoman baru dan membandingkan hasil dengan kurikulum yang sebelumnya
ada. Proses manajemen kurikulum dibagi menjadi empat bagian, yaitu
perencanaan kurikulum 2013, pengorganisasian kurikulum 2013, pelaksanaan
kurikulum 2013, dan evaluasi kurikulum 2013. Adanya kurikulum baru yaitu
kurikulum 2013 maka menjadi tantangan pula bagi mata pelajaran rumpun PAI di
Madrasah. Adanya tantangan baru ini juga membuat MAN 2 Pamekasan
melakukan proses manajemen kurikulum 20113 pada mata pelajaran rumpun PAI.
Adanya pembaruan kurikulum 2013 ini untuk meningkatkan kreatifitas siswa- siswi dan membentuk karakter yang baik.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada beberapa hal yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: perencanaan kurikulum 2013 pada mata
pelajaran rumpun PAI, pengorgansasian kurikulum 2013 pada mata pelajaran
rumpun PAI, pelaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran rumpun PAI, dan
evaluasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran rumpun PAI.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif.
Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, dan
sebagian guru rumpun PAI. Sedangkan pengecekan keabsahan dataya
menggunakan triangulasi dan bahan referensi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, proses perencanaan dilakukan
sedemikian rupa mulai dari awal hingga poses perencanaan selesai dan terbagi.
Kedua,proses pengorganisasian ini terbagi mulai dari alokasi waktu pembagian
mata pelajaran hingga adanya pertemuan rutin guru-guru mata pelajaran rumpun
PAI untuk membahas pembelajaran PAI. Ketiga, proses pelaksanaan kurikulum
2013 yang menjabarkan pelaksaanaan dari awal, hingga adanya hambatan dan
solusi mengahdapi pelaksanaan kurikulum 2013 ini. Keempat, hasil akhir atau
biasa disebut dengan evaluasi yang berisikan tentang hasil yang dicapai dari
proses perencaaan, pengorganisasian dan pelaksanaan berlangsung.
Tidak tersedia versi lain