Text
THE EFFECT OF LINGUISTIC INTELLIGENCE TO STUDENTS' SPEAKING ACHIEVEMENT IN LEARNING ENGLISH AT MA MAMBAUL MA'ARIF MONTOR
ABSTRACT
Fariseh, Luluk, 2020, The Effect of Linguistic Intelligence to Students’
Speaking Achievement at MA Mambaul Ma’arif Montor. Advisor: Hasan
Basri, M.Pd
Keywords : Linguistic Intelligence, Students Speaking Achievement
Speaking is producing the word become utterance that using to
communicate, to share information, to give an idea, an opinion, or
knowledge to other people or the listener. Producing the word become
utterance sometimes is not easy for the people who do not have linguistic
intelligence because linguistic intelligence is the capacity or competence to
use language or word effectively whether orally or in writing. The students
who have linguistic intelligence have their own characterictic, and one of
characteristic as like ability to learn language through listening, reading,
writing, speaking, easily remembers written and spoken information, and
so on.
There are two research objectives of study in this research, the first
to know the effect of linguistic intelligence to students’ speaking
achievement in learning English at MA Mambaul Ma’arif Montor and the
second to know the significant of linguistic intelligence to students’
speaking achievement in learning English at MA Mambaul Ma’arif
Montor. The researcher has null hypotheses that is there is no effect of
linguistic intelligence to students’ speaking achievement in learning
English at MA Mambaul Ma’arif Montor.
The research method that used in this research is quantitative
approach and while research design that be used is correlation design. In
this research, there two variables that be used that is linguistic intelligence
as variable X and students’ speaking achievement as variable Y. The
population of this research is all of students in MA Mambaul Ma’arif,
because the respondents is too large so the researcher use cluster sampling
technique, and the researcher take XI – A because this class is superior
class. The instruments that the researcher used are questionnaire to
linguistic intelligence, and test to speaking achievement.
The result of this research that analyse from statistical analysis
showed that there is effect of linguistic intelligence to students’ speaking
achievement in learning English at MA Mambaul Ma’arif. It evidenced by
comparing the rxy and rtable. While the rxy= 0.628 and rtable = 0.396. Based
on the result, the significant level of linguistic intelligence to students’
speaking achievement is enough. So that, the null hypotheses is rejected
and the alternative hypotheses is accepted.
Based on the result above, the researchers’ suggestion for English
teacher in MA Mambaul Ma’arif to always pay attention to the intelligence
of the students, because every student have different level of their
linguistic intelligence, it can be high, medium and low. So that, makeiv
different method or treatment in increasing the students speaking skill to
make their speaking achievement is higher.v
ABSTRAK
Fariseh, Luluk, 2020, Pengaruh dari Kecerdasan Berbahasa pada Hasil
Kemampuan Berbicara Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris di MA
Mambaul Ma’arif Montor. Pembimbing: Hasan Basri, M.Pd
Kata Kunci: Kecerdasan Berbahasa, Kemampuan Berbicara
Kemampuan berbicara adalah memproduksi kata menjadi ucapan
yang digunakan untuk berkomunikasi, untuk membagikan informasi,
untuk memberi sebuah ide, sebuah opini, atau pengetahuan kepada orang
lain atau kepada pendengar. Memproduksi sebuah kata menjadi ucapan
biasanya tidak mudah bagi seseorang yang tidak memiliki kecerdasan
berbahasa karena kecerdasan berbahasa adalah sebuah kapasitas atau
kemampuan untuk menggunakan bahasa atau kata secara efektiv baik
secara lisan maupun tulisan. Siswa yang memiliki kecerdasan berbahasa
memiliki karakteristik tersendiri, dan salah satu karakteristiknya seperti
memiliki kemampuan belajar bahasa melalui listening, reading, writing,
speaking, mudah mengingat tulisan, berbicara tentang informasi, dan lain
– lain.
Ada dua tujuan dalam penelitian ini, yang pertama untuk
mengetahui pengaruh dari kecerdasan berbahasa pada hasil kemampuan
berbicara siswa dalam belajar Bahasa Inggris di MA Mambaul Ma’arif
Montor dan yang kedua untuk mengetahui signifikansi dari kecerdasan
berbahasa pada pada hasil kemampuan berbicara siswa dalam belajar
Bahasa Inggris di MA Mambaul Ma’arif Montor. Peneliti memiliki
hipotesis nihil yang mana tidak ada pengaruh dari kecerdasan berbahasa
pada hasil kemampuan berbicara siswa dalam belajar Bahasa Inggris di
MA Mambaul Ma’arif Montor.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan quantitative dan sementara jenis penelitian yang digunakan
adalah korelasi. Pada penelitian ini, ada dua variabel yang digunakan yaitu
kecerdasan berbahasa sebagai variabel X dan hasil kemampuan berbicara
siswa sebagai variabel Y. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa
MA Mambaul Ma’arif, karena responden terlalu banyak maka peneliti
menggunakan teknik cluster sampel, dan peneliti mengambil kelas XI – A
karena kelas ini merupakan kelas unggulan. Instrumen yang digunakan
peneliti adalah angket pada kecerdasan berbahasa, dan test pada hasil
kemampuan berbicara siswa.
Hasil pada penelitian ini yang di analisis dari analisis statistik
menunjukkan bahwa adanya pengaruh dari kecerdasan berbahasa pada
hasil kemampuan berbicara siswa dalam belajar Bahasa Inggris di MA
Mambaul Ma’arif. Ini dibuktikan dengan membandingkan nilai rxydan
rtable. Sementara nilai rxy = 0.628 and rtable = 0.396. Berdasarkan dari hasil
penelitian, level signifikansi dari kecerdasan berbahasa pada hasilvi
kemampuan berbicara siswa adalah cukup. Jadi, hipotesis nihil di tolak
dan hipotesis alternatif diterima.
Berdasarkan pada hasil diatas, saran peneliti untuk guru Bahasa
Inggris di MA Mambaul Ma’arif untuk selalu memperhatikan pada
kecerdasan berbahasa siswa, kecerdasan berbahasa siswa bisa tinggi,
sedang, dan rendah. Jadi, buatlah metode atau perlakuan yang berbeda
dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa untuk membuat hasil
kemampuan berbicara siswa lebih tinggi.
Tidak tersedia versi lain