Text
THE USE OF JUMBLE PARAGRAPH GAME IN READING NARRATIVE TEXT AT TENTH GRADE OF SMA PLUS MIFTAHUL ULUM LARANGAN BADUNG PAMEKASAN
ABSTRACT
Khoirul, 2020, The Use Of Jumble Paragraph Game in Reading Narrative Text at
Tenth Grade of SMA Plus Miftahul-Ulum Larangan Badung Pamekasan, Thesis,
English Teaching Learning Program (TBI), State Islamic Institute (IAIN) Madura.
Advisor: Henny Uswatun Hasanah, M.Pd.
Keywords: Jumble Paragraph Game, Reading Narrative Text
Jumble paragraph game is one of the game that sharpens students’ ability
to rearrange a random text before it. This game is used at tenth grade of SMA Plus
miftahul-ulum larangan badung pamekasan. This game is applied because
students find difficulty to determine the generic structure of narrative text and to
increase student interest in learning that start to get bored with the teacher method
commonly used by teacher and also to increase students’ interest in Reading
english text.
There are two problems of study in this research. The first, how the
teacher use the jumble paragraph game in reading narrative text at tenth grade of
SMA Plus miftahul-ulum larangan badung pamekasan. The second, What are the
strengths and weaknessess of the use of jumble paragraph game in reading
narrative text at tenth grade of SMA Plus miftahul-ulum larangan badung
pamekasan.
The researcher used descriptive qualitative. The subject of this study is
students at Tenth Grade of SMA Plus Miftahul-Ulum Larangan Badung
Pamekasan. Meanwhile, the data is collected from the observation, interview and
documentation. and the researcher took ten students to be interviewed. In data
analysis, the researcher used data reduction, data display, drawing conclusion and
verification. While for checking the data validity, the researcher used triangulation
of source.
Based on the result of this research. The use of jumble paragraph game
here run well. And the implementation steps used by the teacher are three steps.
Namely pre-teaching, the teacher gives warming up first by showing the examples
of narrative text and then divide students into groups. The second whilst-teaching,
the teacher gives a paper that contain random narrative stories to be rearrange with
a duration of 15 minutes and the last post-teaching, the teacher give conclusion
and evaluation for students. And the strengths of this game such as the teacher
more easy to manage the classroom and students become more active and the
classroom situation more effective. But, the weaknessess are the minimum
mastery of vocabulary can hinder the time of game and also the lack of interest to
read english text make students get bored easily.
based on the result of this research above, the researcher suggest for the
teacher to use a good method to make students more enjoy the learning process
and suggestion for further researchers to conduct research related to the Reading
narrative text but with different aspects, game or different method and explain it
clearly.v
ABSTRAK
Khoirul, 2020, Penggunaan Permainan Jumble Paragraph Dalam teks Reading
Narrative Pada Kelas Sepuluh Di SMA Plus Miftahul-Ulum Larangan Badung
Pamekasan, Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Inggris (TBI) Madura,
Pembimbing: Henny Uswatun Hasanah, M. Pd.
Kata Kunci: Permainan Jumble Paragraph, Teks Reading Narrative
Permainan jumble paragraph adalah salah permainan yang mengasah
kemampuan siswa untuk menyusun ulang sebuah narrative text yang di acak
sebelum nya. Permainan ini di gunakan pada kelas 10 di SMA plus miftahul-ulum
larangan badung. permainan ini di terapkan karena siswa kesulitan untuk
menentukan generic structure dari narrative text serta untuk meningkatkan minat
belajar siswa yang mulai bosan dengan metode ceramah yang biasa di gunakan
oleh guru dan juga untuk meningkatkan minat baca siswa dalam membaca teks
berbahasa inggris
Ada dua masalah penelitian dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana guru
menerapkan permainan jumble paragraph ini dalam mengajar teks reading
narrative pada kelas 10 di SMA plus miftahul-ulum larangan badung. Kedua, Apa
saja keunggulan serta kelemahan dalam menggunakan permainan jumble
paragraph ini dalam mengajar teks reading narrative pada kelas 10 di SMA plus
miftahul-ulum larangan badung.
Peneliti menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas 10 di SMA plus miftahul-ulum larangan badung. Sementara itu data
dikumpulkan dari pengamatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. dan
peneliti mengambil sepuluh siswa untuk di wawancarai. Dalam analisis data,
peneliti menggunakan kondensasi data, tampilan data, dan kesimpulan.
Sedangkan untuk mengecek keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi
sumber data.
Berdasarkan hasil penelitian ini, penggunaan permainan jumble paragraph
tersebut berjalan dengan lancar. Serta langkah-langkah penerapan yang di
gunakan guru ada tiga langkah. Yaitu sebelum mengajar, guru memberikan
pemanasan terlebih dahulu dengan menunjukan contoh narrative text kemudian
membentuk siswa kedalam group. Saat mengajar, guru memberikan kertas yang
berisikan cerita narrative yang di acak untuk di susun kembali dengan durasi 15
menit dan di akhir pembelajaran, guru memberikan kesimpulan dan evaluasi
terhadap siswa. Serta keunggulan-keunggulan yang ada di antaranya adalah guru
lebih mudah mengatur suasana kelas serta siswa menjadi lebih aktif. Namun,
kelemahan nya adalah penguasaan kosa kata yang minim menghambat waktu
permainan serta kurang nya minat membaca membuat siswa merasa bosan.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, peneliti mengusulkan bagi guru untuk
menggunakan metode yang bagus agar membuat siswa lebih menikmati proses
pembelajaran serta saran untuk peneliti-peneliti selanjutnya untuk melakukan
penelitian yang berkaitan dengan teks Reading narrative namun dengan aspek
yang berbeda, game atau metode yang berbeda serta jelaskan secara detail.
Tidak tersedia versi lain