Text
THE USE OF MATERNAL REFLECTIVE METHOD IN TEACHING ENGLISH TO DISABLED STUDENTS WITH DEAF AT SECOND CLASS IN SLB PGRI PADEMAWU
ABSTRAK
Aliyah, 2020, Penggunaan Metode Maternal Reflektif pada
Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Tuna Rungu di Kelas
Kedua SLB PGRI Pademawu. Skripsi, Tadris Bahasa Inggris,
Jurusan Tarbiyah, Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Madura.
Pembimbing: Kristanti Ayuanita, M.Pd.
Kata Kunci: Metode Maternal Reflektif, Tuna Rungu
Semua anak membutuhkan kesempatan untuk belajar pada
potensi tertinggi mereka pada lingkungan yang mencakup semua
hal. Bahasa merupakan faktor pendukung dalam berkomunikasi,
mempelajari ilmu pengetahuan dan ilmu dalam kehidupan
bermasyarakat. Namun, tidak semua anak dapat menguasai
kemampuan berbahasa dengan mudah. Hal tersebut bisa
dikarenakan oleh faktor bawaan. Seperti yang terjadi pada anak
disabilitas terutama pada anak tuna rungu. Oleh sebab itu, para
pengajar membutuhkan metode yang tepat dalam proses
pembentukan bahasa pada anak, terutama dalam pengajaran
bahasa asing pada anak tunarungu. Salah satu sekolah disabilitas
di Pamekasan yaitu SLB PGRI Pademawu menerapkan metode
maternal reflektif dalam pembelajaran bahasa inggris. Oleh karena
itu, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana penggunaan
metode maternal reflektif pada anak tunarungu.
Penelitian ini terdiri dari tiga permasalahan. Permasalahan
yang pertama yaitu bagaimana penggunaan metode maternal
reflektif pada anak tunarungu. Permasalahan kedua, apa saja
hambatan yang di hadapi guru ketika menggunakan metode
maternal reflektif. Dan permasalahan ketiga, bagaimana mengatasi
hambatan yang dihadapi guru ketika mengajar menggunakan
metode maternal reflektif di kelas kedua di SLB PGRI Pademawu.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Peneliti menganalisa data dengan cara mengurangi
beberapa data, kemudian menyusun data dan memverifikasi data.
Peneliti juga menggunakan triangulasi berdasarkan sumber data
dan teknik. Dalam hal ini, peneliti menggunakan kelas kedua
sebagai sumber data dan menggunakan wawancara, pengamatan,
dan dokumentasi sebagai teknik pengambilan data. Peneliti
melakukan wawancara terhadap guru bahasa Inggris untuk
menanyakan bagaimana proses penggunaan metode maternal
reflektif pada pembelajaran bahasa Inggris.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan
Tidak tersedia versi lain