Text
PELAKSANAAN BIMBINGAN KLASIKAL MENGGUNAKAN LAYANAN PEGUASAAN KONTEN UNTUK MEGURAGI KEBIMBINGAN KARIER SISWA DI SMK AL-HUSEN TANJUNG PADEMAWU
ABSTRAK
Moh Tsabit Albanan, 2020, Pelaksanaan Bimbingan Klasikal Menggunakan Layanan
Penguasaan Konten Untuk Mengurangi Kebimbangan Karier Siswa di SMK ALHusen Tanjung, Pademawu, Pamekasan, Program Studi Bimbingan dan Konseling
Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura,
Pembimbing: H. Muhammad Jamaluddin, M.Pd
Kata Kunci: Bimbingan Klasikal Menggunakan Layanan Penguasaan Konten dan
Kebimbangan Karier Siswa
Penelitian ini dilatar belakangi kebimbangan siswa dalam memilih karier
setelah lulus dari sekolah, seperti bingung dalam memutuskan apakah ingin
melanjutkan pendidikan atau langsung bekerja setelah lulus sekolah, yang
menyebabkan potensi yang dimiliki siswa terhambat. maka dari itu peneliti
berinisiatif untuk memberikan bimbingan terhadap siswa kelas XII yang bimbang
dalam memilih karier dengan melaksanakan bimbingan klasikal menggunakan
layanan penguasaan konten. Dengan layanan ini siswa akan diberikan pemahaman
mengenai perencanaan dan pengembangan karier melalui potensi yang dimilki oleh
siswa sehingga dapat mengurangi kebimbangan karie dalam dirinya.
Berdasarkan hal tersebut, maka tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini yakni: Pertama Bagaimana bentuk bimbingan dalam mengurangi
kebimbangan karir siswa di SMK Al-husen, Kedua Bagaimana pelaksanaan
bimbingan klasikal menggunakan layanan penguasaan konten untuk mengurangi
kebimbingan karier siswa di SMK Al-husen, Ketiga Apa saja faktor pendukung dan
penghambat pelaksanaan bimbingan klasikal menggunakan layanan penguasaan
konten untuk mengurangi kebimbingan karier siswa di SMK Al-husen.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan
data yang di gunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data
yang di gunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Sedangkan pengecekan keabsahan data di lakukan melalui perpanjang waktu,
ketekunan pengamatan, dan triangualasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Pertama, Bentuk bimbingan di SMK Al-Husen dalam mengatasi masalah siswa yaitu
dengan memberikan bimbingan klasikal dan bimbingan individu. Kedua, Dalam
melaksanakan bimbingan klasikal menggunakan layanan penguasaan konten
dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu pernyataan tujuan layanan, penjelasan
tentang langkah-langkah kegiatan, mengarahkan kegiatan, dan tahap peralihan.
Setelah itu barulah masuk kedalam tahap inti seperti, kegiatan peserta didik, dan
kegiatan guru BK dalam pelaksanaan layanan klasikal, setelah tahap inti selesai
salanjutnya adalah tahap penutup, evaluasi proses dan evaluasi hasil. Dari
pelaksanaan bimbingan tersebut mendapatkan hasil bahwa terdapat 7 peserta didik
yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi dan terdapat 3 peserta didik yang ingin
langusung bekerja setelah lulus sekolah. Dari hal tersebut bahwa ada pengurangan
dalam kebimbangan karier siswa. Ketiga, faktor pendukungnya yaitu dalam
memberikan bimbingan lebih mudah dan siswa dapat memahami dalam memilih
karirnya. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, kurangnya fasilitas media, dalam
mengkondisikan kelas yang sulit di atur, tidak ada jam kelas untuk BK
Tidak tersedia versi lain