Text
STRATEGI DOSEN DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI KEARIFAN PROFETIK BAGI MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DI IAIN MADURA
ABSTRAK
Sitti Nurhotimah, 2020, Strategi Dosen Dalam Menerapkan Nilai Profetik Bagi Mahasiswa Fakultas
Tarbiyah di IAIN Madura, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN
Madura, Pembimbing : Dr. H.
Kata Kunci : stategi dosen, Penerapan, nilai Profetik
Penerapan nilai profetik adalah suatu proses pembumian nilai-nilai kenabian melalui strategi yang
digunakan oleh pendidik jika di dalam sebuah perguruan tinggi itu diterapkan oleh dosen, dalam hal ini
penerapan nilai-nilai karifan profetik menjadi acuan khusus di Fakultas tarbiyah IAIN Madura yakni nilai
profetik menjadi bagian dari visi-misi Fakultas tarbiyah, dan setiap SDM (sumber daya manusia) yang
melingkup didalamnya wajib mengimplementasikannya, dan objek penerapan nilai profetik kepada
mahasiswa tentunya adalah Dosen, sehingga dosen disini wajib benar-benar memahami konsep dari nilai
profetik dan didukung dengan ada SOP dan program-program yang ditentukan oleh Pimpinan Fakultas
tarbiyah IAIN Madura sehingga mempermudah dosen dalam menerapkannya.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, perencanaan penerapan nilai profetik bagi mahasiswa
Fakultas tarbiyah di IAIN Madura bertumpu pada perencanaan penerapan melalui sosialisasi nilai profetik,
dan memberikan pemahaman bahwa Fakultas tarbiyah menerapkan nilai proefetik yang dimulai setiap ada
agenda Dekan memberikan sosialisasi dengan jargonnya Fakultas tarbiyah (salam profetik: Fakultas
tarbiyah, religius kompetetif). Kedua, implementasi Penerapan nilai profetik bagi mahasiswa Fakultaas
tarbiyah di IAIN Madura ditekankan melalui setiap SDM didalamnya wajib mengimplementasikan nilai
profetik, dengan mematuhi program-program yang ada didalamnya seperti Fakultas tarbiyah BERSERI
(bersih, sejuk dan rapi), Fakultas tarbiyah hijau, dengan cara menjaga lingkungan yang bersih, membuang
sampah pada tempatnya dan rapi dalam menata parkir. Selain itu, penerapan nilai profetik ini dilakukan
dengan berlaku jujur, disiplin, amanah, menciptakan kepercayaan dan berlaku adil, Dosen diharuskan untuk
menerapkannya kepada Mahasiswa karena dosen objek utama teladan dari mahasiswa. Ketiga, Evaluasi
yang dilakukan oleh setiap Dosen dan Pimpinan menggunakan tolak ukur sejauh mana ketercapaian
penerapan nilai profetik karena nilai profetik ini masih dalam tahap tahun kedua penerapannya. Ditunjang
dengan adanya evaluasi yang dilakukan secara perssonal oleh Dosen, Pimpinan, dan seluruh stake holder
Fakultas tarbiyah. Evaluasi dilakukan oleh Fakultas tarbiyah untuk mengetahui ketercapaian target yakni
menjadikan Fakultas tarbiyah memiliki nilai guna dan bermanfaat bagi kalangan internal atau masyarakat di
sekitarnya.
Tidak tersedia versi lain