Text
INTEGRASI ILMU DALAM PERSPEKTIF IMAM SUPRAYOGO DAN M. AMIN ABDULLAH
ABSTRAK
Lailur Rahman Fajar R. 2020. Integrasi Integrasi Ilmu dalam Perspektif Imam
Suprayogo dan M. Amin Abdullah, Tesis, Program Migister Pendidikan
Agama Islam IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Mohammad Kosim,
M.Ag dan Dr. Edi Susanto, S.Ag, M.Fil.I.
Kata Kunci: Integrasi Ilmu, Pohon Ilmu, Jaring Laba-laba Keilmuan.
Islam sebagai agama dan sumber pengetahuan berkembang dengan
pesatnya sampai hampir menguasai seluruh Asia dan beberapa negara Eropa.
Kemajuan peradaban yang ditorehkan oleh umat Islam tidak terlepas dari
pengembangan ilmu pengetahuan dengan mengintegrasikan ilmu-ilmu agama dan
kealaman. Namun pada akhirnya, kejayaan umat Islam meredup seiring runtuhnya
dinasti Abbasiyah di Baghadad dan kemunduran ilmu pengetahuan yang
diakibatkan munculnya dikotomi ilmu. Adanya kristalisasi anggapan bahwa ilmu
agama adalah kewajiban individu, sedangkan ilmu umum merupakan kewajiban
kolektif, akibat faktor ini, umat dan negara Islam saat ini lambat dalam kemajuan
ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Kekeliruan anggapan tersebut dampaknya
sampai saat ini masih dirasakan oleh umat Islam. Di mana umat Islam jauh
tertinggal dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Dengan ini, maka umat Islam
berusaha berbenah untuk mengobati bekas-bekas luka sejarah yang diakibatkan
oleh dikotomi ilmu, diantaranya dengan memformulasikan sistem dan konsep
keilmuan, yaitu berupa integrasi ilmu. Dari beberapa pemikiran tentang integrasi
ilmu, penulis tertarik untuk meneliti integrasi “pohon ilmu” yang digagas oleh
Imam Suprayogo dan jaring laba-laba (spider web) keilmuan yang digagas oleh
M. Amin Abdullah.
Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah: (a) bagaimana konsep
integrasi (pohon) ilmu Imam Suprayogo dan Jaring laba-laba keilmuan (spider
web) M. Amin Abdullah? (b) bagaimana persamaan dan perbedaan konsep
integrasi (pohon) ilmu Imam Suprayogo dan Jaring laba-laba keilmuan (spider
web) M. Amin Abdullah? Dan (c) Bagaimana kontribusi integrasi (pohon) ilmu
Imam Suprayogo dan Jaring laba-laba keilmuan (spider web) M. Amin Abdullah
dalam mewujudkan pendidikan Islam integratif? Untuk menjawab permasalahan
ini, dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
pustaka (library reseach). Sumber data diperoleh dari data-data primer, yaitu
karya-karya Imam Suprayogo dan M. Amin Abdullah serta data skunder yang
meliputi kitab, buku, jurnal, dan tulisan-tulisan lainnya yang menyangkut
pemikiran Imam Suprayogo dan M. Amin Abdullah yang berkaitan dengan
integrasi ilmu. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah
dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya dalam penulisan ini adalah Content
Analysis atau analisis isi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep integrasi ilmu menurut Imam
Suprayogo dapat dipahami bahwa untuk membangun keilmuan yang bersifat
integratif dalam arti tidak terjadi pemisahan antara ilmu agama dan ilmu umum
Tidak tersedia versi lain