Text
PENERAPAN KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs AZ-ZUBAIR LARANGAN TOKOL TLANAKAN PAMEKASAN DAN MTs MIFTAHUL ULUM TAMBAAGUNG ARES AMBUNTEN SUMENEP
ABSTRAK
Jaziri, 2020, Penerapan Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam di MTs AzZubair Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan Dan MTs Miftahul Ulum
Tambaagung Ares Ambunten Sumenep, Tesis, Program Magister
Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN MADURA, Pembimbing: Dr.
Buna’i, S.Ag. M.Pd dan Dr. Abd. Mukhid, M.Pd.
Kata kunci: Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam.
Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya
dengan pendekatan belajar aktif berdasarkan nilai-nilai agama dan budaya bangsa.
MTs Az-Zubair Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan merupakan madrasah yang
sudah menerapkan kurikulum 2013 sejak tahun pelajaran 2016/2017, dan MTs
Miftahul Ulum Tambaagung Ares Ambunten Sumenep menerapkan kurikulum
2013 sejak tahun pelajaran 2017/2018. Tetapi dalam implementasinya, masih
terdapat kendala-kendala yang dialami oleh kedua Madrasah tersebut. Penelitian
ini akan menjawab permasalahan: 1). Bagaimana persiapan guru Pendidikan
Agama Islam dalam rangka menerapkan Kurikulum 2013 PAI di MTs Az-Zubair
Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan dan MTs Miftahul Ulum Tambaagung Ares
Ambunten Sumenep? 2). Upaya Apa saja guru Pendidikan Agama Islam dalam
menerapkan kurikulum 2013 PAI di MTs Az-Zubair Larangan Tokol Tlanakan
Pamekasan dan MTs Miftahul Ulum Tambaagung Ares Ambunten Sumenep? 3).
Kendala apa saja guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan kurikulum
2013 PAI di MTs Az-Zubair Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan dan MTs
Miftahul Ulum Tambaagung Ares Ambunten Sumenep?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan
pendekatan studi kasus. Metode penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara
dan observasi dengan sumber data guru, kepala sekolah, dan siswa.
Penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum 2013 mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Az-Zubair Larangan Tokol Tlanakan
Pamekasan dan MTs Miftahul Ulum Tambaagung Ares Ambunten Sumenep
keduanya tersebut mengalami kendala yang dilihat dari guru, siswa, sarana,
maupun motivasi dan juga dilihat dari pedoman standar kurikulum 2013 yang
ditetapkan oleh pemerintah. Kemudian dari problem tersebut juga terdapat solusi
yang telah disesuaikan dengan problem-problem tersebut.
Tidak tersedia versi lain