Text
PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM RAMAH ANAK DI SD AL-QUR'AN UMMUL QURO PEGANTENAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Moh. Faizal, 2020, Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Ramah Anak Di Sd AlQur’an Ummul Quro Pegantenan Pemekasan, Tesis, Program Magister
Pendidikan Agama Islam Pasca Sarjana IAIN Madura, Pembimbing: Dr.
Siswanto, M. Pd.I, dan Dr. H. Mohammad Muchlis Sholichin, M.Ag.
Kata Kunci: Pelaksanaan, Pendidikan, Ramah Anak.
Pendidikan ramah anak adalah pola pendidikan yang mencakup tiga hal
yaitu pertama, provisi, yaitu mencakup keberadaan berbagai kebutuhan dan
keperluan anak seperti cinta/ kasih sayang, makanan, kesehatan, pendidikan dan
rekreasi. Kedua, yaitu proteksi yang mencakup anti ancaman, kekerasan,
diskriminasi, hukuman dan yang ketiga, partisipasi yang mencakup hak untuk
bertindak yang digunakan siswa untuk mengungkapkan kebebasan pendapat,
bertanya, berargumentasi, berperan aktif di kelas dan di sekolah. Sd Al-Qur’an
Ummul Quro Pegantenan Pemekasan merupakan salah satu lembaga pendidikan
yang menerapkan pendidikan ramah anak dalam proses belajar mengajar baik di
dalam kelas maupun di luar kelas.
Terdapat tiga permasalahan dalam peneliti yaitu pertama, Bagaimana
perencanaan pendidikan Agama Islam ramah anak di SD Al-Qur’an Ummul
Quro?. Kedua, Bagaimana pelaksanaan pendidikan Agama Islam ramah anak di
SD Al-Qur’an Ummul Quro? Dan yang ketiga bagaimana evaluasi pendidikan
Agama Islam ramah anak di SD Al-Qur’an Ummul Quro Pagantenan Pamekasan?
Kemudian untuk menjawab rumusan masalah yang telah peneliti sebutkan
di atas, maka peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Pengumpulan data dalam
penelitian ini diperoleh melalui wawancara secara mendalam kepada para
informan, observasi non partisipan serta dokumentasi.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan
Agama Islam ramah anak di SD Al-Qur’an Ummul Quro yaitu perencanaan
melitputi unsur materil dan unsure non materiil, perencaan melibatkan beberapa
elemen penting diantaranya sekolah dan yayasan, bentuk perencaan berupa
kesepakatan bersama. Pelaksanaan pendidikan Agama Islam ramah anak di SD
Al-Qur’an Ummul Quro yaitu dilakukan untuk memenuhi hak anak, pelaksaan
melibatkan semua siswa dan guru sebagai pelaksana dan kepala sekolah sebagai
pengawas serta wali dan pihak yayasan sebagai evaluator, bentuk pelaksanaan
dibagi menjadi dua yakni di dalam kelas dan di luar. Kemudian evaluasi
pendidikan Agama Islam ramah anak di SD Al-Qur’an Ummul Quro Pagantenan
Pamekasan yaitu evalusi dilakukan setiap akhir bulan dan akhir semester.
Tidak tersedia versi lain