Text
PENGARUH TRANSPARANCY DAN RESPONBILITY TERHADAP MINAT BELI KOMSUMEN TOKO KERAMIK PAK SONGOT DI DESA LARANGAN BADUNG KECAMATAN PALENGGAAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Lailatus Syarifah, 2020, Pengaruh Transparancy Dan Responbility Terhadap
Minat Beli Konsumen Toko Keramik Pak Songot Di Desa Larangan Badung
Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Ekonomi
Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Moch.
Cholid Wardi, M.H.I
Kata Kunci: Transparancy, Responbility, Minat Beli Konsumen
Toko keramik Pak Songot merupakan toko keramik yang berada di Desa
Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Toko keramik
Pak Songot berdiri sejak tahun 2010. Toko keramik Pak songot Meskipun
lokasinya berada di desa tetapi tidak kalah saing dengan toko-toko keramik yang
ada di kota. Hal ini di buktikan dengan transaksi yang setiap hari dihasilkan.
Tercatat setiap harinya terdapat kurang lebih 10 sampai 20 konsumen yang
bertransaksi disana. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu
pertama, peneliti ingin mengetahui apakah transparancy dan responbility
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen toko keramik
Pak Songot. Kedua, peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh
transparancy dan responbility terhadap minat beli konsumen toko keramik Pak
songot.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh langsung dan
pengaruh tidak lansung variabel transparancy dan responbility terhadap minat beli
konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan tekhnik
analisis data menggunakan regresi linear berganda, dan dengan bantuan alat
analisis SPSS 20. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data
sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Toko Keramik Pak
songot. Tekhnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tekhnik
Accidental Sampling. Pengambilan sampel ditentukan dengan rumus Lameshow
dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Instrumen yang digunakan
dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket).
Hasil uji Signifikansi secara simultan (uji F) diperoleh Fhitung sebesar
381,631 > Ftabel 2,68 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa
variabel transprancy (X1) dan responbility (X2) mempunyai pengaruh secara
simultan (bersama-sama) terhadap minat beli konsumen (Y) Toko Keramik Pak
Songot. Hasil uji parsial (uji T) variabel transparancy (X1) diperoleh Thitung
sebesar 6,464 > Ttabel 1,980 dengan taraf siginfikan 0,000 < 0,05 variabel
responbility (X2) diperoleh Thitung sebesar 3,085 > Ttabel 1,980 dengan taraf
signifikan 0,000 < 0,05. Dari hasil uji T dapat disimpulkan bahwa variabel
transparancy dan responbility berpengaruh secara parsial terhadap minat beli
konsumen.
Tidak tersedia versi lain