Text
STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM MEMBACA PUISI SISWA KELAS VII MTs NASYRUL ULUM BAGANDAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Hayyi, 2020, Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Membaca Puisi Siswa
kelas VII MTs Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan, Skripsi, Program Studi
TBIN, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Aflahah, M.Pd
Kata Kunci : Strategi Pembelajar Inovatif dan membaca puisi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru ketika
mengajar di kelas serta memberikan pelajaran yang inovatif dalam membaca
puisi ini ialah sebuah metode pembelajaran yang diterapkan dengan cara
mengenalkan metode pembelajaran yang baru kepada siswa-siswi, yang bisa
memberikan wawasan atau pengetahuan baru tentang tata cara membaca puisi
dengan baik dan benar. Data di peroleh dari karya puisi siswa ketika di muat
di mading dan buletin sekolah.
Ada dua fokus penelitian yang mejadi pokok dalam penelitian ini,
yaitu: pertama, bagaimana Strategi Pembelajaran Inovatif dalam membaca
puisi di kelas VII MTs Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan; kedua, apa saja
kelebihan dan kekurangan strategi pembelajaran Inovatif dalam membaca
puisi Siswa di kelas VII MTs Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan
pendekatan kualitatif dan jenisnya deskriptif kualitatif yakni berusaha
memahami makna peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan kegiatan objek
di lapangan secara utuh, penelitian ini juga berusaha memahami secara
langsung objek yang diteliti karena dalam hal ini peneliti adalah sebagai
kunci selama proses penelitian, sehingga peneliti menghasilkan data-data
yang lebih valid
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Strategi Pembelajaran
guru Bahasa Indonesia di MTs Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan telah
benar-benar melaksanakan strateginya sebagai guru pendidik seperti
mengucapkan salam saat bertemu, dan murid diberi peran untuk berkarya
seperti membuat puisi, dan juga berupa praktek atau teori, atau membantu
peserta didik dengan memberikan nasehat (motivasi) kepada peserta didik.
Kedua, Kelebihannya dan kekurangan pembelajaran inovatif dalam membaca
puisi ini di MTs Nasyrul Ulum dalam menumbuhkan kemampuan siswa-siswi
dilihat dari karakter ketika membaca puisi di kelas VII adalah adanya
semangat yang tinggi dari siswa-siswi ketika mendalami pembelajaran
membaca puisi di MTs Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan. Dan ketika
seorang siswa-siswi merasa tidak adanya kesemangatan dalam belajar, tidur
di kelas, bermain-main di kelas, merusak buku dan tidak membawa buku
paket maka disitulah seorang guru sangat di butuhkan dan berperan aktif
ketika belajar mengajar khusus terhadap siswa-siswi di kelas VII MTs
Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan. Disini guru Bahasa Indonesia termasuk
guru-guru yang lain mempunyai pengaruh besar untuk mengatur dan
mempunyai strategi pembelajran yang inovatif ketika mengajar terhadap
peserta didiknya, bagaimana seorang guru untuk lebih kreatif dalam
pembelajaran bahasa yang mengenai membaca puisi.
Tidak tersedia versi lain