Text
STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 PAMEKASAN
ABSTRAK
Rahmawati, 2020, Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa
pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII di SMP Negeri 5 Pamekasan,
Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura,
Pembimbing: Dr.Siswanto, M.Pd.I
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, dan Bahasa Indonesia
Strategi pembelajaran merupakan sebuah perencanaan yang berisi tentang
rangkaian kegiatan yang di desain untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan tertentu,
strategi pembelajaran di dalamnya menckup pendekatan, model, metode dan teknik
pembelajaran secara spesifik. Bahasa indonesia merupakan salah satu dialek temporal
dari bahasa melayu yang struktur dan khazanahnya masih sama dengan melayu
klasik dan bahasa melayu kuno. Bahasa Riau dipilih sebagai bahasa persatuan
Negara Republik Indonesia.
Ada tiga fokus penelitian ini, Yang pertama, Bagaimana strategi guru dalam
meningkatkan kemampuan menyimak siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia
kelas VII di SMP Negeri 5 Pamekasan? Yang kedua, Bagaimana faktor penghambat
dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa pada pembelajaran Bahasa
Indonesia kelas VII di SMP Negeri 5 Pamekasan? Yang ketiga Bagaimana solusi
guru dalam mengatasi kendala mengenai penerapan pembelajaran dalam
meningkatkan kemampuan menyimak siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia
kelas VII di SMP Negeri 5 Pamekasan?
Pada penelitian ini, Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan
deskriptif sebagai jenis penelitian. Peneliti memperoleh data dari observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini berdasarkan observasi dan wawancara. Ada 5 langkahlangkah penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori, Meliputi: persiapan sugesti,
penyajian Bahasa komunikatif, korelasi menghubungkan materi, menyimpulkan,
mengaplikasikasikan. Faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan kemampuan
menyimak meliputi: faktor kondisi fisik, faktor psikologis, faktor sikap, motivasi,
faktor jenis kelamin, faktor lingkungan, faktor peranan masyarakat. Ada beberapa
solusi guru dalam mengatasi kendala penerapan pembelajaran yaitu jauhkanlah sifat
egosentris dalam kegiatan menyimak, jangan takut dan khawatir bahwa komunikasi
lisan dapat mengubah pendapat dan pikiran kita, jangan malu-malu dalam meminta
penjelasan dari pembicara atau orang lain mengenai hal yang belum kita pahami.
Saran Guru Bahasa Indonesia harus memiliki persiapan yang baik sebelum
pergi untuk mengajar agar kegiatan yang dilakukan di kelas secara berurutan dan
terarah. Sangat diharapkan para siswa untuk selalu mengembangkan potensi dan
pengetahuan dalam belajar Bahasa Indonesia, serta bagi sekolah memilih pendidik
yang kompeten atau mengajar berdasarkan fakultasnya
Tidak tersedia versi lain