Text
PENGUNAAN VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK CERITA FANTASI DI KELAS VII DI SMP NEGERI 1 TLANAKAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Amirullah, 2020, Penggunaan Video Animasi dalam Pembelajaran Menyimak Cerita
Fantasi di Kelas VII di SMP Negeri 1 Tlanakan Pamekasan,Skripsi, Program Studi TBIN,
Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Hj. Kristanti Ayuanita, M.Pd
Kata Kunci : Video, Animasi, Menyimak, Cerita Fantasi
Media pembelajaran adalah proses yang sengaja dirancang untuk menciptakan
terjadinya aktivitas belajar dalam diri individu. Dengan kata lain, media pembelajaran
merupakan suatu hal yang bersifat eksternal dan sengaja dirancang untuk mendukung
terjadinya proses belajar internal dalam diri individu.
Berdasarkan hal tersebut. Ada tiga fokus masalah dalam penelitian ini, pertama adalah
bagaimana penggunaan video animasi dalam pembelajaran menyimak cerita fantasi di
kelas VIIB SMP Negeri 1 Tlanakan pamekasan. Kedua adalah bagaimana faktor
penggunaan pada penggunaan video animasi dalam pembelajaran menyimak cerita fantasi
di kelas VIIB SMP Negeri 1 Tlanakan Pamekasan. Ketiga bagaimana faktor penghambat
pada penggunaan video animasi dalam pembelajaran menyimak cerita fantasi di kelas
VIIB SMP Negeri 1 Tlanakan Pamekasan
Dalam penelitian ini, peniliti menggunakan kualitatif sebagai pendekatan penelitian
dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber datanya kelas VIIB SMP Negeri 1 Tlanakan
Pamekasan dan peneliti sebagai instrumenya, sedangkan pengumpulan data, peneliti
menggunakan tiga prosedur, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian
peneliti menganalisis data dengan cara mereduksi data yaitu merangkum, mengelompokan
dan memilih hal-hal yang menurut peneliti penting, kemudian menyajikan data, untuk
menyederhanakan data serta memudahkan peneliti untuk lebih memahami apa yang
terjadi, kemudian penerikan kesimpulan dan verifikasi data dengan tujuan untuk validitas
data yang telah terkumpul dilapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, ada beberapa langkah dalam
penggunaan media video animasi, yaitu guru mempersiapkan beberapa media yang akan
digunakan, kedua guru menyanpaikan materi dengan menggunakan media tersebut,
kemudian guru memberikan contoh lain yang berkaitan dengan materi, lalu menyuruh
siswa untuk mengemukakan pendapat, dan yang terakhir guru mengevaluasi siswa, maka
dari itu penggunaan media video animasi bisa dikatakan berjalan dengan baik, dan siswa
lebih mudah menguasai materi dan semangat untuk belajar dan mengajak siswa untuk
berperan aktif dalam proses pembelajaran, meski memang ada beberapa keterbatasan
media yang digunakan namun proses dalam pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
Tidak tersedia versi lain