Text
ANALISIS BAHASA IKLAN MINI DALAM SURAT KABAR JIWA POS EDISI FEBRUARI 2019
ABSTRAK
Kholis Sirofi, 2020, Analisis Bahasa Iklan Mini dalam Surat Kabar Jawa Pos Edisi Februari
2019, Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura,
Pembimbing:Moh. Hafid Effendy, M.Pd.
Kata Kunci: Bahasa Iklan mini, dan Surat Kabar
Di zaman sekarang banyak beraneka ragam iklan, baik itu yang ditayangkan di televisi
maupun media-media cetak seperti surat kabar. Dari semua itu sudah banyak meningkatkan
penjualan dari produk yang telah ditawarkan.Oleh karena itu, di sini peneliti sangat tertarik untuk
meneliti bahasa yang terdapat dalam sebuah iklan sehingga membuat konsumen tertarik terhadap
produk yang ditawarkan.Bahasa yang digunakan dalam iklan biasanya sangat menarik dan
memiliki ciri khasnya masing-masing untuk menarik minat para konsumennya. Melalui iklan
kita dapat dengan mudah mendapatkan sebuah informasi mengenai suatu barang ataupun jasa
tentang apa yang di iklankan..Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya ketertarikan peneliti
dalam konteks makna bahasa.Dalam bahasa iklan memiliki sebuah makna agar pesan yang
disampaikan bisa sampai terhadap konsumen. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga
permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimanakah wujud
gramatikal bahasa iklan mini yang terdapat dalam surat kabar Jawa Pos edisi Februari 2019;
Kedua, Bagaimana makna gramatikal bahasa iklan mini yang terdapat dalam surat kabar Jawa
Pos edisi Februari 2019; dan Ketiga, Bagaimana fungsi bahasa iklan mini yang terdapat dalam
surat kabar Jawa Pos edisi Februari 2019
Penelitian ini termasuk pendekatan kualitatif dan jenis penelitian pustaka. Sumber data
diperoleh dari iklan mini yang terdapat dalam surat kabar Jawa Pos edisi Februari 2019. Data
yang diambil dalam penelitian ini adalah iklan-iklan mini yang terdapat dalam surat kabar Jawa
Pos edisi Februari 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik catat dan teknik simak
bebas libat cakap.Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan
pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, identifikasi wujud gramatikal bahasa iklan
mini dalam surat kabar Jawa Pos edisi Februari 2019 yang ditemukan oleh peneliti terdapat
sebanyak 28 data, yang mana terdiri dari 2 jenis wujud gramatikal yaitu 12 penyulihan atau
subtitusi dan 16 elipsis atau penghilangan. Kedua, identifikasi makna gramatikal bahasa iklan
mini dalam surat kabar Jawa Pos edisi Februari 2019 yang ditemukan oleh peneliti terdapat
sebanyak 28 data, yang mana diperoleh dengan proses gramatikal seperti afiksasi, reduplikasi
atau perubahan bentuk kata. Ketiga, identifikasi fungsi bahasa iklan mini dalam surat kabar Jawa
Pos edisi Februari 2019 yang ditemukan oleh peneliti terdapat sebanyak 28 data, yang mana
terdiri dari fungsi direktif dan fungsi informasional.
Tidak tersedia versi lain