Text
KEDISIPLINAN MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM KULIAH DARING MENGHADAPI PANDEMIK CORONA VIRUS DESIAASE - 2019 FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA
ABSTRAK
Halimatus Sa’adah, 2020, Kedisiplinan Mahasiswa Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam dalam kuliah Daring Menghadapi Pandemik Corona Virus Desiase
2019 di Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Madura, skripsi, pembimbing:
Dr. H. Ali Nurhadi, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: kedisiplinan mahasiswa, kuliah daring, pandemik covid-19
Selama pandemik covid-19 ini berlangsung banyak dampak yang dimiliki salah
satu dampaknya yaitu terhadap ranah pendidikan yang tidak bisa dilaksanakan secara
tatapmuka melainkan harus dilaksanakan secara daring demi memutus rantai
penyebaran covid-19 termasuk di Prodi MPI Fakultas Tarbiyah IAIN Madura juga harus
melaksanakan perkuliahan secara daring dan tidak menutup kemungkinan meskipun
pembelajaran dilaksanakan secara daring tapi mahasiswa tetap harus disiplin dalam
mengikuti aktivitas perkuliahan yang dilaksanakan secara daring.
Berdasarkan hal tersebut maka ada tiga permasalahan dalam penelitian ini,
pertama masalah tentang strategi yang digunakan oleh dosen-dosen MPI ketika
mendisiplinkan mahasiswa prodi MPI dalam mengikuti perkuliahan yang dilaksanakan
secara daring karena pandemik covid-19, kedua yaitu tentang faktor pendukug dalam
mendisiplinkan mahasiswa prodi MPI dalm kuliah daring menghadapi pandemik covid-
19, danyang ketiga yaitu tentang faktor penghambat serta solusi yang seharusnya
diberikan dalam menghadapi hambatan tersebut ketika mendisiplinkan mahasiswa prodi
MPI dalam perkuliahan yang dilaksanakan secara daring.
Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatifdengan jenis deskriptif,
sumber data diperoleh dengan teknikwawancara, observasi, dan dokumentasi, jenis
wawancarayang digunakan adalah wawancara bebas terpimpin atau gabungan dari
wawancara terpimpin dan tidak terpimpin, sedangkan jenis observasi yang digunakan
adalah observasi partisipan, informannya adalah mahasiswa prodi MPI dosen prodi MPI
dan dekan Fakultas Tarbiyah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertamastrategi yang digunakan dosen
untuk mendisiplinkan mahasiswa prodi MPI yaitu memperjelas kontrak perkuliahan
terkait waktu aktivitas perkuliahan atas dasarkesepakatan mahasiswa dan dosen,
kemudian ada sistem diskusi sebagai penyampaian materi pelajaran, selanjutnya
memberikan tugas yang berbentuk quiz online sebagai bentuk pengevaluasian hasil
pembelajaran, dan adanya pengumpulan tugas melalui sistem google classroom untuk
mengetahui mahasiswa yang disiplin dan yang tidak disiplin. kedua faktor pendukung
dalam mendisiplinkan mahasiswa mengikuti aktivitas perkuliahan secara daring yaitu
berupa alat-alat teknologi seperti Hp, Laptop, sinyal atau jaringan dan paket data yang
dimiliki masing-masing provider.ketiga faktor penghambat dan solusi dalam
mendisiplinkan mahasiswa ketika mengikuti aktivitas perkuliahan tidak bisa berintraksi
secara langsung sehingga tidak mengetahui ketuntasan pencapaian pembelajaran
mahasiswa tidak terfasilitasi dengan jaringan internet dan kurangnya ketersediaan paket
data, solusinya membeli paket data internet dan mencari jaringan
Tidak tersedia versi lain