Text
IMPLEMENTASI KOMUNIKASI INTERPERSENOL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU DI MA SUMBER BUNGUR PAKONG
ABSTRAK
Moh. Anshori, Oktober 2020, Implementasi Komunikasi Interpersonal Kepala
Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di MA Sumber Bungur
Pakong, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah,
IAIN Madura. Pembimbing Moh. Hafid Effendy, MPd.
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Kepala Sekolah, Motivasi Kerja
Komunikasi interpersonal merupakan suatu komunikasi yang terlibat
langsung dengan dua orang atau lebih. Kepala sekolah merupakan pemimpin,
pengatur, pengelola dalam lembaga pendidikan khususnya di sekolah. Sedangkan
motivasi kerja merupakan suatu rangsangan atau dorongan kerja kepada seseorang
agar lebih meningkatkan kinerjanya.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi
kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana bentuk implementasi
komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru
di MA Sumber Bungur Pakong. Kedua, bagaimana hasil implementasi
komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru
di MA Sumber Bungur Pakong. Ketiga, apa saja faktor pendukung dan faktor
penghambat yang dialami sekolah dalam implementasi komunikasi interpersonal
kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MA Sumber Bungur
Pakong.
Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti
berupa wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi
(partisipan) dan dokumentasi, dengan informan kepala sekolah, dan guru.
Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui keikutsertaan peneliti,
triangulasi dengan ketekunan peneliti/pengamatan.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: Pertama,
bentuk implementasi komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam
meningkatkan motivasi kerja guru di MA Sumber Bungur Pakong adalah
memberikan kebijakan, arahan-arahan seperti persiapan kelengkapan perangkat
pembelajaran dan teguran untuk disiplin kerja kepada para guru untuk lebih
meningkatkan kinerjanya dalam kelancaran proses belajar mengajar. Kedua, hasil
implementasi komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam meningkatkan
motivasi kerja guru di MA Sumber Bungur Pakong berdampak baik terhadap
kemajuan atau mutu sekolah dengan adanya teguran atau pemberian saran dari
kepala sekolah dapat lebih meningkatkan disiplin kerja guru dalam kesiapan
proses belajar mengajar seperti menyiapkan bahan atau perangkat untuk mengajar.
Ketiga, faktor pendukung dan faktor penghambat yang dialami sekolah dalam
implementasi komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam meningkatkan
motivasi kerja guru di MA Sumber Bungur Pakong kepala sekolah tegas dan
disiplin dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya serta mau mempererat
hubungan dengan personel sekolah. Kelemahannya kepala sekolah merasa kurang
pantas untuk menegur guru-guru senior, sehingga kepalah sekolah harus
menerapkan sikap Efikasi Diri sebagai wujud bahwa dirinya adalah kepala
sekolah, sikap merasa sungkan harus dirubah dan tetap professional.
Tidak tersedia versi lain