Text
MARKETING PENDIDIKAN BERBASIS ONLINE DI MA AINUL FALAH BAKEONG GULUK-GULUK SUMENEP
ABSTRAK
Moh Agus Salim, 2020, Marketing Pendidikan Berbasis Online Di MA Ainul Falah Bakeong
Guluk-Guluk Sumenep, skripsi, pembimbing: Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd
Kata Kunci: Marketing Pendidikan, Berbasis Online
Seiring dengan perkembangan zaman sekolah banyak mengalami persaingan untuk
dapat mengatasi persaingan itu maka sekolah membutuhkan inovasi baru dari semua aspek
termasuk salah satunya adalah aspek dalam melakukan pemasaran sekolah atau lembaga
pendidikan yang awal mulanya dalam melakukan pemasaran secara tradisional maka seiring
dengan perkembangan zaman maka harus berubaha yaitu harus melakukan pemasaran
berbasis online.
Berdasarkan hal tersebut maka ada dua permasalahan dalam penelitian ini, pertama
Bagaimana bentuk-bentuk atau model marketing berbasis online sebagai strategi marketing
online di MA Ainul Falah Bakeong Guluk-Guluk Sumenep kedua Bagaimana implementasi
dari rancangan marketing pendidikan berbasis media online di MA Ainul Falah Bakeong
Guluk-Guluk Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis diskriptif, sumber data
diperoleh dari dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, jenis wawancara yang
digunakan adalah wawancara tertutup, sedangkan jenis observasi yang digunakan observasi
non partisipan informannya adalah kepala Madrasah, staf TU dan staf yang bertugas dalam IT
(ilmu teknologi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama Bentuk-bentuk atau model marketing
berbasis online sebagai strategi marketing berbasis online yaitu dengan berbentuk brosur,
gambar atau dokumentasi menarik baik berupa hasil prestasi yang dimilki oleh siswa MA
Ainul Falah baik secara akademik dan non akademik dan dipasarkan dengan menggunakan
dua model yaitu pertama secara manual dan kedua modern atau teknologi. Kedua
Implementasi dari rancangan marketing pendidikan berbasis online di MA Ainul Falah bisa
dilihat dari beberapa indikator diantaranya, siswa yang berprestasi, fasilitas belajar yang
memadai, pendidik semua lulusan S1 dan S2, lingkungan di pondok pesantren, biaya
pendidikan yang gratis, proses belajar yang disiplin, dan sistem administrasi yang online.
Semua indikator yang sudah disebutkan di atas yaitu dilakukan secara partisipatif artinya
melibatkan semua guru di MA Ainul Falah dalam melakukan rancangan marketing
pendidikan berbasis online setelah itu ada satu guru di depan untuk menyusun rancangan
yang akan dilakukan dalam mencapai sutau tujuan kemudian ada yang menvideo tujuannya
untuk diunggah di akun yang sudah disediakan oleh kepala Madrasah.
Tidak tersedia versi lain