Text
PENGELOLAAN KEGIATAN PELATIHAN KEAHLIAN ADMINISTRASI SEBAGAI PENINGKATAN KOMPETENSI MANAJERIAL TENAGA KEPENDIDIKAN DI BALAI DIKLAT KEAGAMAAN SURABAYA
ABSTRAK
Ach. Fauzan, Oktober 2020, Pengelolaan Kegiatan Pelatihan Keahlian Administrasi Sebagai Peningkatan Kompetensi Manajerial Tenaga Kependidikan Di Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H.Saiful Hadi, M. Pd.
Kata Kunci: Pelatihan, Keahlian Administrasi, Kompetensi Manajerial, Tenaga Kependidikan.
Pelatihan merupakan sebuah usaha yang dilakukan oleh pimpinan untuk menciptakan perubahan terhadap peserta baik dari segi sikap maupun pengetahuan. Keahlian administrasi merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh tenaga kependidikan dalam mengelola dan mengendalikan suatu instansi pendidikan. Kompetensi manajerial merupakan kemampuan yang dimiliki oleh pegawai dalam segi mengelola baik dari segi data maupun lembaga. Sedangkan tenaga kependidikan merupakan pegawai yang mempunyai peran sebagai penunjang kelancaran aktifitas dalam sebuah lembaga pendidikan.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana cara merancang program pelatihan keahlian administrasi sebagai peningkatan kompetensi manajerial tenaga kependidikan di Balai Diklat Keagamaan Surabaya. Kedua, bagaimana pelaksanaan program pelatihan keahlian administrasi sebagai peningkatan kompetensi manajerial tenaga kependidikan di Balai Diklat Keagamaan Surabaya. Ketiga, bagaimana mengetahui perubahan kompetensi seorang tenaga kependidikan dari hasil kegiatan pelatihan yang dilaksanakan.
Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti yang berupa wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (non partisipan) dan dokumentasi, dengan informan Kasubag TU, pengelola kegiatan dan penyusun bahan siaran atau penyelenggara diklat. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui keikutsertaan peneliti, triangulasi dengan ketekunan peneliti/pengamatan.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: Pertama, dalam merancang program pelatihan harus melakukan analisis kebutuhan dari para stakeholder. Kedua, sebelum melaksanakan program pelatihan diadakan rapat persiapan terlebih dahulu. Ketiga, cara mengetahui perubahan kompetensi seorang tenaga kependidikan dari hasil kegiatan pelatihan yang dilaksanakan dengan melakukan evaluasi.
Tidak tersedia versi lain