Text
IMPLEMENTASI PELATIHAN BERBASIS MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI 4 PAMEKASAN
ABSTRAK
Rakhmad Shol ihin, 2020, “I mpl ementasi Pel atihan Berbasis Musyawarah
Guru Mata Pel ajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru
Di SMA Negeri 4 Pamekasan”, Skripsi, Program Studi Manajemen
Pendidikan I sl am, Fakul tas Tarbiyah, Pembimbing Dr. H. Moh. Muchl is
Sol ichin, M. Ag.
Kata Kunci : Pel atihan Berbasis Musyawarah Guru Mata Pel ajaran,
Kompetensi Profesional .
Pel atihan berbasis musyawarah guru mata pel ajaran merupakan
sal ah satu kegiatan untuk meningkatkan kompetensi seorang pendidik.
Guru sebagai pendidik diharapkan bisa menciptakan pembel ajaran yang
efektif dan efisien. Sal ah satunya dengan meningkatkan kemampuan
Profesional nya. Ol eh karena itu, guru harus meningkatkan kompetensi
yang semestinya harus dimil iki ol eh seorang pendidik, terutama pada
penguasaan kompetensi profesional .
Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat dua permasal ahan yang
menjadi fokus dal am penel itian, yaitu: pertama, bagaimana I mpl ementasi
pel atihan berbasis musyawarah guru mata pel ajaran untuk meningkatkan
profesional guru di SMA Negeri 4 Pamekasan, kedua, apa saja faktor
pendukung dan pengahambat impl ementasi pel atihan berbasis
musyawarah guru mata pel ajaran untuk meningkatkan kompetensi
profesional guru di SMA Negeri 4 Pamekasan.
Penel itian ini menggunakan pendekatan kual itatif dengan jenis
deskriptif. Sumber data yang diperol eh memal ui wawancara, dengan jenis
wawancara tidak terstruktur, observasi dengan jenis observasi non
partisipan, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data
dil akukan dengan mel al ui perpanjangan keikutsertaan dan triangul asi.
Hasil penel itian menunjukkan bahwa: pertama, impl ementasi
pel atihan berbasis musyawarah guru mata pel ajaran untuk meningkatkan
kompetensi profesional guru yakni dil aksanakan satu bul an sekal i atau
satu minggu baik dil aksanakan di sekol ah atau di l uar sekol ah dengan
mel akukan perencanaan, pel aksanaan, menentukan materi dan
mendatangkan pemateri dari l uar atau dari dal am. Karena dengan
kegiatan pel atihan berbasis musyawarah guru mata pel ajaran ini dapat
menjadi sebagai pusat penyel esaian masal ah yang dihadapi pendidik
terkait dengan mengenal karakter siswa, metode pembel ajaran serta
l ainnya. dengan demikian kegiatan MGMP ini menjadi pusat dari
peningkatan pompetensi terutama terhadap kompetensi profesional guru
tersebut. Kedua, mengenai apa saja faktor pendukung dan penghambat
impl ementasi pel atihan berbasis musyawarah guru mata pel ajaran untuk
meningkatkan kompetensi profesional guru yakni dengan harus ada guru,
ada bahan – bahan yang perl u dipersiapkan dengan matang sehingga
disaat dil aksanakan sudah siap, dan faktor pendukung l ainnya yaitu dari
kepal a sekol ah, dari pembinaan kepal a sekol ah. Sedangkan sel ain faktor
Tidak tersedia versi lain