Text
PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MEWUJUDKAN MADRASAH UNGGUL DI MA MATSARATUL HUDA PANEMPAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Nanang Firdaus, 2020, Peran Kepala Madrasah Dalam Mewujudkan Madrasah
Unggul Di MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan, Pembimbing Dr.
Mohammad Thoha, M.Pd.I
Kata Kunci: peran kepala madrasah, madrasah unggul
Penelitian ini dilatarbelakangi pada ketertarikan peneliti terhadap peran
kepala madrasah dalam mewujudkan madrasah unggul di MA Matsaratul Huda
Panempan Pamekasan yang mana kepala madrasah mempunyai peranan yang
sangat penting dalam mengembangkan madrasah unggul. Melihat hal tersebut
maka peneliti tertarik bagaimana penerapannya sehingga bisa berjalan dengan
baik dan memberikan hal positif dalam perkembangan sekolah tersebut.
Fokus penelitian yang akan di ambil oleh peneliti yaitu yang pertama,
bagaimana peran kepala madrasah dalam mewujudkan madrasah unggul di MA
Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Kedua apa saja faktor pendukung dan
penghambat kepala madrasah dalam mewujudkan madrasah unggul di MA
Matsaratul Huda Panempan Pamekasan Sehingga dengan fokus penelitian disini
peneliti berharap dapat menemukan jawaban atas penelitian yang dilakukan oleh
peneliti.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan
deskriptif. Data yang diperoleh dilakukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sedangkan sumber datanya yaitu dari kepala madrasah, wakil
kepala madrasah, pendidik, staf TU, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan
datanya dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan
pemeriksaan teman sejawat.
Kesimpulan dan hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama peran
kepala madrasah dalam mewujudkan madrasah unggul di MA Matsaratul Huda
Panempan Pamekasan sudah dilakukan dengan sebaik mungkin. Kepala madrasah
mempunyai beberapa peran penting dalam mewujudkan madrasah unggul, antara
lain peran sebagai pendidik, sebagai manajer, sebagai administrator, sebagai
humas dan supervisor. Kepala madrasah juga selalu ambil bagian dalam setiap
kegiatan madrasah. Kedua, faktor pendukung pada peran kepala madrasah dalam
mewujudkan madrasah unggul di MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan
yaitu, kemampuan manajerial staf TU, bendahara madrasah dan kepala madrasah
yang cukup maksimal. Kurikulum yang dilaksanakan dapat dijalankan sesuai
rencana dan diterima oleh siswa dengan baik. Kompetensi guru dalam
melaksanakan program pembelajaran. Optimalisasi kerja sama antara madrasah
dengan wali murid. Anggaran pendidikan. Fasilitas sarana dan prasarana yang
tersedia sudah muncukupi. Serta supervisi yang kepala madrasah lakukan secara
terus menerus. Faktor penghambatnya adalah kualitas guru dalam melaksanakan
program pembelajaran belum maksimal 100%. Sehingga hal tersebut terkadang
menjadi hambatan. Kedisiplinans siswa yang kurang maksimal. Kondisi sosial
ekomi madrasah. Perubahan – perubahan yang terjadi dalam teori pendidikan.
Kepribadian masyarakat madrasah.
Tidak tersedia versi lain