Text
ANALISIS KOMPETENSI TENAGA ADMINISTRASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 TORJUN SAMPANG
ABSTRAK
Andiana, 2020, Analisis Kompetensi Tenaga Administrasi Dalam
Meningkatkan Kualitas Layanan Administrasi Sekolah Di SMA Negeri 1
Torjun Sampang, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam,
Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura.
Pembimbing Abdul Aziz, M.Pd.I
Kata Kunci: Kompetensi Tenaga Administrasi, Kualitas Layanan,
Administrasi Sekolah.
Tenaga administrasi sekolah merupakan tenaga kependidikan yang
bertugas memberikan dukungan serta layanan administrasi agar proses
pendidikan terselenggara dengan baik. Tenaga administrasi sekolah biasa
dikenal dengan sebutan staf tata usaha (TU).
Terdapat tiga fokus dalam penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana
kompetensi tenaga administrasi sekolah di SMA Negeri 1 Torjun
Sampang. Kedua, bagaimana upaya tenaga administrasi sekolah dalam
meningkatkan kualitas layanan administrasi sekolah di SMA Negeri 1
Torjun Sampang. Ketiga, apa saja kendala yang dihadapi tenaga
administrasi sekolah dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi
sekolah di SMA Negeri 1 Torjun Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memaparkan
data secara deskriptif, pengumpulan data diperoleh dengan wawancara
semi terstruktur, observasi non-participant dan dokumentasi. Sumber data
diperoleh dari Kepala Sekolah, Tenaga Kependidikan dan Siswa. Teknik
analisis data ialah reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi
data. Sementara teknik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya: Pertama, Kompetensi
tenaga administrasi di SMA Negeri 1 Torjun sudah sesuai dengan
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 24 Tahun 2008 tentang
standar tenaga administrasi sekolah meliputi: a) kompetensi kepribadian
seperti: berpakaian rapi dan sopan, disiplin dengan tepat waktu datang ke
sekolah, b) kompetensi sosial seperti: bersikap ramah, bekerja sama
dengan tim dan memberikan pelayanan yang prima, c) kompetensi sosial
seperti: melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan bidangnya, d)
kompetensi manajerial seperti: membina staf, mampu menyelesaikan
konflik dan menyusun laporan hasil kerja. Kedua, upaya tenaga
administrasi dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi sekolah
dapat ditempuh dengan beberapa hal diantaranya: pelatihan, diklat,
workshop, bimtek (bimbingan teknis), seminar peningkatan mutu tenaga
kependidikan dan pengawasan atau evaluasi hasil kerja oleh kepala tata
usaha atau kepala sekolah. Ketiga, kendala yang dihadapi tenaga
administrasi dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi sekolah
diantaranya dari faktor individu dan faktor kepemimpinan.
Tidak tersedia versi lain