Text
KINERJA HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) DALAM MEMBERIKAN KEPUASAN SISWA DI MTs NEGERI 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Mohammad Sugiandi, November 2020, Kinerja Hubungan Masyarakat (HUMAS) dalam
Memberikan Kepuasan Siswa di MTsN 1 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura. Pembimbing: Dr. Siswanto, M. Pd. I
Kata Kunci: Hubungan Masyarakat, Kepuasan, Siswa.
Hubungan masyarakat merupakan salah satu bagian dari sekolah yang berfungsi untuk
melakukan interaksi, hubungan, dan kerjasama dengan masyarakat yang terkait dengan sekolah
tersebut serta bertanggungjawab dalam membangun dan mempertahankan reputasi, citra,
komunikasi yang baik dan bermanfaat antara sekolah dengan publik. Kepuasan merupakan
perasaan senang, merasa terpenuhi apa-apa yang diinginkan . Sedangkan siswa merupakan seorang
peserta didik yang berada pada fase pertumbuhan dan perkembangan yang masih membutuhkan
bimbingan dari seorang pendidik (guru).
Berdasarkan hal tersebut, ada dua pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam
penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana kinerja hubungan masyarakat (HUMAS) dalam
memberikan kepuasan siswa di MTsN 1 Pamekasan. Kedua, apa saja faktor pendukung dan
penghambat humas dalam memberikan kepuasan siswa di MTsN 1 Pamekasan.
Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (semi
terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (non partisipan) dan dokumentasi, dengan
informan kepala madrasah, waka humas, dan siswa. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data
melalui keikutsertaan peneliti, triangulasi dengan ketekunan peneliti/pengamat.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: Pertama, kinerja humas dalam
memberikan kepuasan siswa di MTsN 1 Pamekasan dengan memberikan pelayanan kesehatan,
pelayanan pendidikan, dan pelayanan hubungan dengan orang tua. Kedua, sedangkan yang
menjadi faktor pendukung dari hubungan masyarakat dalam memberikan kepuasan siswa di MTsN
1 Pamekasan adalah adanya kerjasama yang baik antara atasan dan bawahan. Sedangkan faktor
penghambat dari hubungan masyarakat dalam memberikan kepuasan siswa di MTsN 1 Pamekasan
harapan dan keinginan siswa tidak cepat terlaksana, serta banyak problematika dan isu-isu di luar
sekolah kurang baik tapi dari pihak sekolah selalu melakukan evaluasi tiap 1 semester.
Tidak tersedia versi lain