Text
KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN ADMINITRASI KURIKULUM DI MTs MIFTAHUL QULUB POLAGAN GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Khoirul Umam, 2020, Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam
Pengelolaan Administrasi Kurikulum di MTs. Miftahul Qulub Polagan, Skripsi,
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembingbing: Bapak Fathol Haliq, M.Si.
Kata Kunci: Kompetensi manajerial, Kepala madrsah, Administrasi Kurikulum
Dalam proses pendidikan yang terjadi di madrasah juga sangat
dipengaruhi oleh bagaimana kompetensi manajerial kepala madrasah. Hal ini
berhubungan dengan menjamin adanya program pengajaran yang baik dalam
lembaga pendidikan oleh kepala madrasah. Agar supaya program pengajaran yang
baik dapat terlaksana. Maka kepala madrasah sebagai pengelola pendidikan
melalui kompetensi manajerialnya perlu melakukan pengelolaan administrasi
kurikulum madrasah dengan seluruh subtansinya. Karena hal tersebut erat
kaitannya dengan pembelajaran yang akan berlangsung di lembaga pendidikan.
Berdasarkan anggapan diatas, maka ada 2 permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaiamana kompetensi
manajerial kepala madrasah dalam pengelolaan administrasi kurikulum di MTs.
Miftahul Qulub Polagan; kedua, apa faktor pendukung dan penghambat
kompetensi manajerial kepala madrasah dalam pengelolaaan administrasi
kurikulum di MTs. Miftahul Qulub Polagan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Dengan menjadikan kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru sebagai
informan dalam memperoleh data. Analisis data dalam penelitian ini kondensasi
data (data condensation), penyajian data (data display), penarikan kesimplan
(conclusion drawing). Adapun tahap-tahap dalam penelitian ini adalah
pralapangan, penelitian dan pelaporan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Kepala madrasah
sebagai seorang pemimpin melaksanakan keterampilan atau kemampuan yang
setidaknya harus dimiliki oleh kepala madrasah dalam kompetensi dasar
manajerial yaitu keterampilan teknis, keterampilan manusia dan keterampilan
konsep. Kedua, faktor pendukung kompetensi manajerial kepala madrasah adalah
adanya komunikasi dan kerja sama yang baik antara kepala madrasah dengan
semua stackholder madrasah. Dengan komunikasi yang baik dan saling bekerja
sama satu sama lainnya mulai dari kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru
yang kemudian akan mempermudah dalam suatu pekerjaan utamanya dalam
pengelolaan administra kurikulum.
Tidak tersedia versi lain