Text
PENERAPAN UNIT BELAJAR MANDIRI PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTsN 3 PAMEKASAN
ABSTRAK
Ach.Zeiny 2020, Penerapan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Pada Pembelajaran
Akidah Akhlak Kelas VII di MTsN 3 Pameksan, Skripsi, Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura. Pembimbing: Dr.
Mohammad Thoha, M. Pd.I.
Kata Kunci: UKBM, Akidah Akhlak, Pembelajaran.
UKBM merupakan satuan pelajaran kecil yang disusun secara berurutan
dari yang mudah sampai ke yang sukar.Satuan pelajaran tersebut merupakan
pelabelan penguasaan belajar siswa terhadap pengetahuan dan keterampilan yang
disusun menjadi unit-unit kegiatan belajar berdasarkan pemetaan Kompetensi
Dasar.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi
kajian dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimana penerapan UKBM pada
pembelajaran akidah akhlak di dalam kelas. Kedua, Apa saja kelebihan dan
kekurangan dalam menerapkan UKBM pada siswa. Ketiga, Apa saja kendala guru
PAI dalam mengelola proses pembelajaran menggunakan UKBM di dalam kelas
dan bagaimana solusinya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif secara
fenomenologis yaitu peneliti berangkat kelapangan dengan mengamati fenomena
yang terjadi di lapangan secara alamiah.Sedangkan jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, data yang dikumpulkan berupa
kata-kata, gambar, dan bukan angka. Prosedur pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu observasi secara langsung, wawancara semi terstruktur,
analisis data dan dokumen.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: Pertama,
Proses penerapan UKBM di dalam kelsas ini benar-benar menjalankan
pembelajaran menggunakan, guru tersebut menerapkan sesuai rangkaiannya dan
membuat pembelajaran lebih asik dan menyenangkan serta setiap pembelajaran di
dalam kelas itu guru tersebut. Kedua, Kelebihan dan kekurangan dalam
menerapkan UKBM pada siswa yaitu kelebihannya memudahkan guru dalam
memantau perkembangan siswa secara individual, sertas siswa dapat mengukur
kemapuan dirinya bahwa ia termasuk kategori cepat, sedang atau lambat dalam
belajar. Serta kekurangannya adalah dalam pendistribusian UKBM di dalam kelas.
Ketiga, kendala guru PAI dalam mengelola proses pembelajaran di dalam kelas
yaitu pada murid yang tidak mnegerti akan materi yang ada pada UKBM, guru
tersebut mau tidak mau harus mengulang materi sebelumnya.
Tidak tersedia versi lain