Text
PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 5 PAMEKASAN
ABSTRAK
M. Syaifur Rohim Makki,2020, Penerapan Gerakan Literasi Sekolah
Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Pendidikan
Agama Islam Di Smp Negeri 5 Pamekasan, Skripsi, Program
StudiPendidikan Agama Islam, FakultasTarbiyah, Institut Agama Islam
Negeri Madura, Pembimbing: Aflalah,M.Pd
Kata Kunci:Gerakan Literasi Sekolah, Materi Pendidikan Agama Islam
SMP Negeri 5 Pamekasan merupakan sebuah Lembaga
Pendidikan yang terletak di Kabupaten Pamekasan. Yang mana dalam
Sekolah tersebut masih memiliki kendala yakni sebagian siswanya
kurang memiliki Akhlak yang baik dan sebagian siswanya lagi memiliki
akhlak yang masih belum terkembangkan dengan baik, baik dari Sikap
Siswa yang Suka Berbohong, Kurang Displin, Perkelahian Antar Pelajar,
Menganggu Teman, Tidak hormat kepada yang lebih tua, Boros,
Kurang Percaya Diri, Bolos Sekolah, serta kurang Toleransi antar
agama. yang Masih Berstatus Peserta Didik. dengan tingginya tingkat
kenakalan remaja maka Pendidikan dianggap gagal dalam membentuk
akhlak
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini,
yaitu: Pertama,Bagaimana Penerapan Gerakan Literasi Sekolah dalam
Meningkatkan Pemahaman siswa terhadap Materi Pendidikan Agama
Islam di SMP Negeri 5 Pamekasan Kedua, Apa Saja Faktor Pendukung
dan Penghambat dalam Penerapan Gerakan Literasi Sekolah dalam
Meningkatkan Pemahaman siswa terhadap Materi Pendidikan Agama
Islam di SMP Negeri 5 Pamekasan Ketiga, Bagaimana Mengatasi
Faktor Pengahambat dari Penerapan Gerakan Literasi Sekolah dalam
Meningkatkan Pemahaman siswa terhadap Materi Pendidikan Agama
Islam di SMP Negeri 5 Pamekasan
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis
penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara, observasi dan dokumentasi.Analisis data dengan
melakukan Reduksi data, Display Data
Penarikan/verifikasikesimpulan.Data yang diperoleh di cek keabsahan
datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan
dan trianggulasi.
Hasi penelitian menunjukkan bahwa:Pertama, Penerapan Gerakan
Literasi Sekolah dapat dikatakan sudah cukup baik. Yang mana ada 2
kegiatan, Kegiatan pertama Gerakan Literasi Sekolah dari hari Senin
Sampai Rabu dan kegiatan Kedua Pembacaan Juz amma dari hari
Kamis sampai sabtu yang dilaksanakan selama 1 5 menit. Serta dalam
Penerapannya Juga terdapat Peningkatan Akhlak kepada siswa seperti
Berani, Jujur, Sabar, Religius, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Peduli
Lingkungan dan Cinta Tanah Air melalui Buku Yang Dibaca Siswa dan
juga Peran dari semua Guru. Kedua,Faktor Penerapan Gerakan Literasi
Sekolah dalam Meningkatkan Pemahaman siswa terhadap Materi
Pendidikan Agama Islam. a. Sarana dan Prasarana b.Peran dari semua
guru dan pihak sekolah c.Keprofesionalan Guru PAI d. Komunikasi
yang baik antara pihak sekolah dan wali murid e. Keadaan lingkung
Tidak tersedia versi lain