Text
EFEKTIVITAS KURIKULUM 2013 TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN PAI PADA KELAS REGULER DI SMPN 1 PADEMAWU
ABSTRAK
Moh Ali Riyanto, 2020, Efektivitas Kurikulum 2013 Terhadap Kegiatan
Pembelajaran PAI Pada Kelas Reguler di SMPN 1 Pademawu, Skripsi, Program
Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri
Madura, Pembimbing: Dr.Abd.Mukhid,M.Pd
Kata Kunci: Efektivitas Kurikulum 2013, Kegiatan Pembelajaran PAI, Pada
Kelas Reguler.
Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di SMPN 1
Pademawu, di sekolah sana sama dengan hal sekolah-sekolah umum yang lainya,
akan tetapi Adanya pemetaan kelas Unggulan dan reguler merupakan merupakan
salah satu Upaya guru agar yang pintar tidak terpengaruh pada yang bodoh,
nakal, malas belajar, tiadak aktif di dalam kelas. oleh karena itu dengan adanya
pemetaan kelas, yang tentunya pada reguler banyak siswa yang dalam ranah
kognitif, afektif dan psilomotoriknya masih kurang di bandingkan kelas reguler
yang sudah di seleksi setiap mau kenaikan kelas. Hal ini dalam kurikulum 2013
yang siswanya di tuntut untuk aktif dan guru sebagai fasilitator tentunya di dalam
proses kegiatan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PAI sulit untuk
mengimplementasikan kurikulum 2013 pada kelas reguler.
Ada tiga focuspenelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu:
(1). Bagaimana efektivitas kurikulum 2013 terhadap kegiatan pembelajaran PAI
pada kelas reguler di SMPN 1 Pademawu (2). Bagaimana mengimplementasikan
kurikulum 2013 dalam kegiatan pembelajaran PAI pada kelas reguler di SMPN 1
pademawu. (3). Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam
mengimplementasikan kurikulum 2013.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah
deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi.Analisis data dengan melakukan Pengumpulan Data, Reduksi Data
dan menyajikan Data dan verifikasi. Data yang diperoleh di cek keabsahan
datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Pertama, Bagaimana efektivitas
kurikulum 2013 terhadap kegiatan pembelajaran PAI pada kelas reguler di SMPN
1 Pademawu yaitu: a). kurikulum 2013 sudah diterapkan di SMPN 1 Pademawu
meskipun tidak isemuanya berpatokan pada kurikulum 2013 meskipun mirip
seperti KTSP pada umumnya. b). guru sudah mengupayakan untuk mewujudkan
kurikulum 2013 dalam pembelajaran agar efektif. c). siswa membutuhkan
bimbingan dari seorang guru, karena IQ mereka yang kurang dari rata-rata yang
tidak seperti kelas ungglan. d). selain itu adanya ketidak seriusan murid dalam
belajar dalam proses pembelajaran. Kedua, Bagaimana mengimplementasikan
kurikulum 2013 dalam kegiatan pembelajaran PAI pada kelas reguler di SMPN 1
pademawu yaitu: a) implementasi kurikulum 2013 seorang guru harus benarbenar memperhatikan keadaan sekitarnya dalam proses pembelajaran, dan tau
bagaimana situasi dan kondisi untuk menerapkan kurikulum 2013. b) seorang
guru dituntut didalam proses pembelajaran harus kreatif dalam mengajar. c)
kurikulum 2013 sudah di upayakan semaksimal mungkin oleh gurunya namun
peserta didiknya memang suli dalam meniplementasikan 2013 dalam kelas reguler
karena berbeda dengan kelas ungulan yang Iqnya tinggi diatas rata-rata. d) dalam
Tidak tersedia versi lain