Text
PENGARUH PENERAPAN PROGRAM TILAWAH TERHADAP PENINGKATAN KEFASIHAN MEMBACA AL-QUR'AN DI SMPN 4 PAMEKASAN
Abstrak
Selvia Munica, 2020, Pengaruh Penerapan Program Tilawah Terhadap
Peningkatan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Di SMPN 4 Pamekasan, Skripsi,
Program Studi PAI, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Siswanto, M. Pd. I.
Kata Kunci: Program Tilawah, Kefasihan Membaca Al-Qur’an
Tilawah merupakan bacaan Al-Qur’an yang dilakukan dengan hati-hati
dan mengikuti aturan atau petunjuk kaidah ilmu tajwid. Agar dapat membaca AlQur’an dengan baik dan benar sesuai ilmu tajwid maka perlu mempelajari ilmu
tajwid terlebih dahulu. Program tilawah yang dilakukan di SMPN 4 Pamekasan
sebagai kegiatan extra untuk membantu meningkatkan kelancaran dan kefasihan
peserta didik dalam membaca Al-Qur’an. Tidak hanya fasih dalam pelafalan tetapi
juga fasih dan paham terhadap ilmu tajwid yang digunakan untuk mempermudah
dalam memahami bacaan Al-Qur’an. Dalam pelaksanaannya juga menggunakan
lagu-lagu (mujawwad) untuk memperindah bacaan Al-Qur’an sehingga menarik
minat peserta didik yang memiliki bakat tilawah untuk terus belajar. Pada
permasalahan yang ada, Ada dua rumusan masalah dalam penelitian yang menjadi
kajian utama penelitian ini, yaitu: (1) Adakah pengaruh penerapan program
tilawah terhadap peningkatan kefasihan membaca Al-Qur’an di SMPN 4
pamekasan?. (2) Seberapa besar pengaruh penerapan program tilawah terhadap
peningkatan kefasihan membaca Al-Qur’an di SMPN 4 pamekasan?. Dari
rumusan masalah tersebut penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui ada tidaknya
pengaruh penerapan program tilawah terhadap peningkatan kefasihan membaca
Al-Qur’an di SMPN 4 Pamekasan, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
penerapan program tilawah terhadap peningkatan kefasihan membaca Al-Qur’an
di SMPN 4 Pamekasan. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif
korelasional, sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa.
Prosedur pengumpulan data menggunakan data angket, observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi product moment
karena penelitian ini mencari hubungan antara dua variabel penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh penerapan
program tilawah terhadap kefasihan membaca Al-Qur’an di SMPN 4 Pamekasan.
Cukup signifikan, Hal ini dibuktikan dengan hasil analisi dan statistik dengan
menggunakan rumus product moment yang menunjukkan bahwa nilai “r” kerja
sebesar 0,47 lebih dari nilai “r” tabel harga kritik product moment dimana N = 25
dengan interval 95% sebesar 0,396. Dengan demikian hipotesis kerja yang
digunakan peneliti menyatakan ada pengaruh penerapan program tilawah terhadap
peningkatan kefasihan membaca Al-Qur’an di SMPN 4 Pamekasan “diterima”.
(2) Besar pengaruh penerapan program tilawah terhadap kefasihan membaca AlQur’an di SMPN 4 Pamekasan adalah sedang. Hal ini dibuktikan dengan hasil
analisi dan statistik dengan menggunakan rumus product moment yang
menunjukkan bahwa nilai “r” kerja sebesar 0,47 yang berada dalam interpretasi
koefisien 0,40 – 0,599.
Tidak tersedia versi lain