Text
STRATEGI PEMASARAN EVENT PHBI DALAM MENDORONG BUDAYA RELIGIUS DI SMA AL FALAH SUMBER GAYAM KADUR PAMEKASAN
ABSTRAK
Ach Jailani MZ, 2020. Strategi Pemasaran Event PHBI Dalam Mendorong
Budaya Religius dI SMA Al Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan, Skripsi,
Fakultas Tarbiyah, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Dosen
Pembimbing: Dr. H. Saiful Hadi, M. Pd.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran PHBI, Budaya Religius
Penelitian ini dilatarbelakangi, pelaksanaan event PHBI (Peringatan Hari
Besar Islam) di SMA Al Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan yang belum
mencapai harapan maksimal, karena perilaku siswa, belum mencapai harapan
yang maksimal seperti masih adanya siswa yang bolos sekolah, pergaulan siswa
sampai larut malam, adanya siswa yang tidak ikut serta dalam beberapa kegiatan
hari-hari besar Islam yang dilaksanakan. Selain itu masih minim respon guru
terhadap perilaku-perilaku yang menyimpang, namun demikian guru SMA Al
Falah telah berupaya dengan memaksimalkan organisasi sekolah seperti OSIS
untuk turut serta membantu dalam memberikan pelayanan dan pelaksanaan
program-program sekolah.
Fokus dalam penelitian ini yaitu: a) Bagaimana strategi pemasaran event
PHBI dalam mendorong sekolah religius di SMA Al Falah Sumber Gayam Kadur
Pamekasan, b) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat strategi
pemasaran event PHBI dalam mendorong sekolah religius di SMA Al Falah
Sumber Gayam Kadur Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
fenomenologis. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sedangkan informannya adalah kepala sekolah, Pembina OSIS dan
ketua OSIS SMA Al Falah Kadur Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan
data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, uraian rinci,
Triangulasi dan Auditing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a. strategi pemasaran event PHBI di
SMA Al Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan, yaitu 1) Menggunakan strategi
yang mengandung unsur pertandingan (Leisure Event), 2) Melibatkan lembaga
lain tidak hanya sebagai peserta (Persobal Event), 3) Mengadakan lomba yang
baru dan lama, 4), Aktif melakukan kegiatan sosialisasi dan koordinasi, 5)
Mengaktifkan organisasi OSIS, 6) Mengirimkan surat surat undangan kepada
beberapa lembaga, 7) Memanfaatkan media sosial. b. faktor pendukung dan
faktor penghambat strategi pemasaran event PHBI di SMA Al Falah yaitu, 1)
Faktor pendukung meliputi; a) Peserta yang hadir juga melibatkan siswa dari
lembaga lain, b) Adanya partisipasi masyarakat, c) Kegiatan PHBI terlaksana
dengan meriah, d) Adanya keterlibatan lembaga lain dalam kepanitiaan, e)
Adanya respon positif dari pihak yayasan 2) Faktor penghambat yang meliputi; a)
Tidak adanya jaringan Wifi, b) Tamu undangan hanya terbatas pada siswa dan
orang tua murid pada malam perayaan, c) Lokasi perayaan bersifat permanen.
Tidak tersedia versi lain